Cegah Kejahatan Siber, Ini Cara Efektif Melindungi Ponsel dari Ancaman Peretas

Cegah Kejahatan Siber, Ini Cara Efektif Melindungi Ponsel dari Ancaman Peretas

Lindungi ponsel pintarmu dari ancaman kejahatan siber -KLING AI Image Generator-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ponsel pintar telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, tetapi dengan kemajuan teknologi, risiko kejahatan siber juga meningkat.

Berbagai cara kerap dilakukan oleh peretas (hacker) untuk dapat mencuri data pribadi yang ada di dalam ponsel calon korbannya.

National Security Agency (NSA) Amerika Serikat baru-baru ini merilis panduan yang memberikan berbagai tips untuk melindungi ponsel kamu dari ancaman siber. 

Panduan ini sangat relevan bagi pengguna iOS dan Android, dan diharapkan dapat membantu masyarakat menghindari risiko seperti pencurian data atau uang dari rekening bank.

BACA JUGA:Akibat Eksploitasi Sebagai Hewan Atraksi, Populasi Lumba-lumba di Alam Berkurang

1. Mengamankan Akses Ponsel

Salah satu hal utama yang ditekankan NSA adalah pentingnya menggunakan PIN enam digit dan mengaktifkan fitur penghapusan data otomatis setelah 10 kali salah memasukkan PIN. 

Langkah ini sangat penting untuk melindungi data pribadi kamu jika ponsel jatuh ke tangan yang salah.

 

BACA JUGA:Ternyata Ada 7 Keajaiban yang Belum Banyak Tahu

2. Mengelola Koneksi dan Aplikasi

NSA juga merekomendasikan untuk selalu mematikan Bluetooth dan WiFi ketika tidak digunakan. 

Jaringan WiFi publik yang sering digunakan bisa menjadi pintu masuk bagi hacker, jadi pastikan untuk menghapus jaringan WiFi yang tidak lagi digunakan dari daftar penyimpanan ponsel kamu. 

Selain itu, hanya unduh aplikasi dari sumber resmi seperti App Store atau Play Store, dan pastikan kamu hanya menginstal aplikasi yang benar-benar diperlukan dan digunakan setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: