Ternyata Ada 7 Keajaiban yang Belum Banyak Tahu

Ternyata Ada 7 Keajaiban yang Belum Banyak Tahu

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Keajaiban Dunia merupakan bangunan atau situs antik yang berharga dan memang dilindungi keberadaannya oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO, yaitu badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang didirikan sejak 1945.

Hasil penilaian kemudian diumumkan pada masyarakat luas. Namun tahukah, ada keajaiban dunia lain yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat. Keajaiban dunia kuno tersebut menjadi simbol peradaban dunia pada waktu itu.

Asal Mula 7 Keajaiban Dunia Kuno

Peter A. Clayton serta Martin Price dalam buku The Seven Wonders of the Ancient World menuliskan daftar 7 Keajaiban Dunia Kuno pertama kali dibuat oleh sejarawan Yunani kuno bernama Herodotus pada abad ke-5 sebelum masehi .

BACA JUGA:Pentingnya Pelestarian Monyet Ekor Panjang dalam Mempertahankan Keanekaragaman Hayati TNWK

7 Keajaiban Dunia Kuno yang Mungkin Banyak Orang Tidak Tahu sworti yang dikutip dari situs History dan Skyscanner, berikut ini tujuh keajaiban dunia kuno yang tidak banyak diketahui.

Situs terdiri dari ruangan persegi panjang, lingkaran batu, serta puluhan pilar batu kapur berbentuk huruf T. Sebagian besar pilar diukir dengan simbol abstrak juga gambar binatang seperti singa, ular, serta kalajengking.

1. Göbekli Tipe

Dibangun pada milenium kesembilan dan kesepuluh sebelum Masehi. Artinya tempat tersebut dibangun sebelum penggunaan tembikar serta perkakas logam. Peneliti yakin situs yang berdiri 6.500 tahun sebelum Piramida Giza ini berfungsi sebagai tempat religius.

2. Tikal di Guatemala

BACA JUGA:Hari Pertama Seleksi Kompetensi, Diikuti 134 Peserta

Reruntuhan suku Maya di Kota Tikal

Di dalam hutan hujan rendah Guatemala, terdapat reruntuhan kota metropolitan Maya Kuno yang berkembang pada abad ketiga serta abad kesembilan Masehi. 

Pusat kota Tikal memiliki jalan setapak, alun-alun yang beraspal, lapangan bola, dan lebih dari 3.000 bangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: