Shalat Ied di Masjid Islamic Center, Khotib Ust Munawir Ingatkan Ibadah Qurban Mengajarkan Kita Tidak Egois

Shalat Ied di Masjid Islamic Center, Khotib Ust Munawir Ingatkan Ibadah Qurban Mengajarkan Kita Tidak Egois

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ibadah Qurban merupakan bentuk solidaritas sosial yang kuat terhadap sesama umat manusia. 

Saat seseorang melaksanakan Qurban, mereka tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi, tetapi juga berbagi dengan mereka yang kurang beruntung. 

Demikian disampaikan Ust Munawir M.Pd saat menjadi Khotib dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Islamic Center Bintang Mas, Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, Senin 17 Juni 2024 (10 Dzulhijjah 1445 H). 

Ia menyampaikan bahwa hewan qurban yang disembelih akan dibagikan pada yang membutuhkan, termasuk fakir miskin, anak yatim, dan orang-orang yang terpinggirkan dalam masyarakat.

BACA JUGA:Laskar Lampung Bagikan Sembako dan Tali Asih di Abung Selatan dan Blambangan Pagar

Melalui tindakan ini, ibadah qurban memperkuat ikatan sosial antara sesama manusia dan membantu mengurangi kesenjangan sosial.

"Hal ini mengingatkan kita untuk tidak egois dan memperhatikan kebutuhan orang lain di sekitar kita, sehingga mampu menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan adil ," ujarnya.

Saat mengikuti ibadah qurban, harus dipahami bahwa hewan qurban tersebut adalah makhluk ciptaan Allah yang juga memiliki hak-haknya. 

Islam mengajarkan bahwa hewan harus diperlakukan dengan baik dan disembelih dengan cara yang humanis.

BACA JUGA:Tahun Ini MenpanRB Berikan 110.553 Formasi Untuk ASN Kemenag

Dalam tataran ini, melalui ibadah qurban, manusia belajar untuk memahami rasa sakit dan penderitaan makhluk lain, sehingga dapat merasakan kebutuhan dan kepedulian terhadap mereka. 

"Ini mengembangkan sifat empati dalam diri kita dan mendorong kita untuk berperilaku dengan bijaksana terhadap lingkungan dan makhluk di sekitar kita," sambung dia.

Sementara itu Pj Bupati Lambar yang diwakili Asisten 3 Ismet Inoni dalam sambutannya mengingatkan Masyarakat bahwa membangun Lambar diperlukan sosok karakter seperti yang diteladani oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dimasa kini dan mendatang harus di penuhi jiwa semangat berqurban.

"Melalui momentum Idul Adha ini , mari kita tingkatkan semangat dalam membangun Lambar dengan penuh keikhlasan, kejujuran, Gotong Royong dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan," ajaknya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: