Dinas Sosial Pesisir Barat Salurkan Bansos Korban Kebakaran di Bangkunat

Dinas Sosial Pesisir Barat Salurkan Bansos Korban Kebakaran di Bangkunat

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah menyalurkan bantuan sosial (bansos) buffer stock kepada Sutarni (56) warga Dusun Bandarjaya, Pekon Bandar Dalam Kecamatan Bangkunat, yang rumahnya ludes terbakar, Senin 29 April 2024 lalu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pesbar, Agus Triyadi, S.IP, M.M., mengatakan, bansos  buffer stock untuk korban kebakaran itu telah disalurkan melalui Pemerintah Kecamatan Bangkunat.

Dirinya berharap bansos itu dapat membantu meringankan beban warga yang mengalami musibah kebakaran.

“Kita sudah menyalurkan bansos untuk korban musibah kebakaran itu yakni Buffer Stock berupa makanan cepat saji, matras, makanan anak, dan sebagainya,” katanya, Sabtu 4 Mei 2024.

BACA JUGA:Digelar di Pantai Melasti Juni 2024, Sudah 139 UMKM Daftar Pekan Fest

Dijelaskannya, bansos yang disalurkan itu merupakan bantuan tahap awal  untuk membantu meringankan beban kebutuhan korban kebakaran.

Sedangkan, untuk bantuan berupa materil hingga kini masih dalam tahap proses dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemkab setempat.

“Mudah-mudahan untuk bantuan materil itu nanti bisa segera disalurkan ke  korban. Karena itu, diharapkan agar Korban dapat bersabar dan tetap menunggu,” jelasnya.

Masih kata dia, bantuan sosial baik yang telah disalurkan dan yang belum disalurkan itu merupakan bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah terhadap masyarakat yang mengalami musibah, salah satunya seperti musibah kebakaran yang menimpa warga di wilayah Pekon terpencil tersebut. 

BACA JUGA:Polsek Pesisir Utara Rutin Laksanakan Patroli Dialogis

Terlebih korban juga merupakan salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bansos Program Keluarga Harapan (PKH).

“Karena itu, dengan adanya bantuan dari Pemerintah itu diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, satu unit rumah di wilayah terisolir milik Sutarni (56) warga Dusun Bandarjaya, Pekon Bandar Dalam Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat ludes terbakar sekitar pukul 02.43 WIB, Senin 29 April 2024 kemarin, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Kabupaten Pesbar, Cahyadi Moeis, mengatakan, berdasarkan informasi, terjadinya musibah kebakaran itu diduga karena anak dari pemilik rumah (Sutarni) lupa mematikan kompor gas saat memasak, dan anaknya yang berprofesi sebagai tukang ojek malam itu juga pergi ke pasar Way Heni, Pekon Penyandingan Kecamatan Bangkunat yang jarak tempuhnya cukup jauh dari rumahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: