Digelar di Pantai Melasti Juni 2024, Sudah 139 UMKM Daftar Pekan Fest

Digelar di Pantai Melasti Juni 2024, Sudah 139 UMKM Daftar Pekan Fest

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Diskopdag) hingga kini telah mencatat 139 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan menampilkan berbagai produk olahannya pada kegiatan Pekan Fest di Pantai Melasti Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan, yang dijadwalkan digelar pada 12 Juni 2024 mendatang.

Kadiskopdag Kabupaten Pesbar, Siswandi, S.Kom, M.H., mengatakan, kegiatan Pekan Fest merupakan agenda rutin yang terus dilaksanakan oleh Pemkab setempat sebagai salah satu ajang maupun sarana bagi para pelaku UMKM di Kabupaten setempat untuk mempromosikan produknya, baik produk makanan, minuman, hingga produk kerajinan.

“Sebelumnya, kegiatan Pekan Fest itu dilaksanakan hanya satu titik yakni di gedung Sentra Industri/Dekranasda Pesbar,  tapi secara bertahap dilaksanakan di setiap Kecamatan,” katanya.

Seperti tahun sebelumnya, kata dia, Pekan Fest itu dilaksanakan di wilayah Kecamatan Lemong, dan di tahun 2024 ini akan dilaksanakan di Kecamatan Pesisir Selatan yakni di pusatkan di Pantai Melasti yang akan diagendakan pada 12 Juni 2024 mendatang. 

BACA JUGA:Polsek Pesisir Utara Rutin Laksanakan Patroli Dialogis

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan itu, pelaku UMKM di Kabupaten Pesbar dapat terus berkembang dan meningkatkan hasil produksinya.

“Dengan begitu akan berdampak terhadap kesejahteraan pelaku UMKM maupun peningkatan perekonomian di Kabupaten Pesbar ini,” jelasnya.

Ditambahkannya, dengan adanya kegiatan Pekan Fest itu, masyarakat luas akan lebih mengetahui produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM.

Karena bukan hanya produk makanan dan minuman saja, namun juga berbagai produk kerajinan hasil produksi pelaku UMKM di Pesbar ini akan ditampilkan pada kegiatan Pekan Fest tersebut. 

BACA JUGA:4 Bulan Terakhir, 198 Warga Pesisir Barat Buat Kartu Kuning

Sehingga, momen tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku UMKM di Kabupaten ini.

“Berdasarkan data yang ada  bahwa, sampai saat ini setidaknya ada 139 pelaku UMKM di Pesbar ini yang sudah mendaftar untuk mengikuti kegiatan Pekan Fest pada Juni 2024 mendatang,” jelasnya.

Karena itu, kata dia, bagi pelaku UMKM yang belum mendaftar agar dapat mendaftar untuk mengikuti kegiatan Pekan Fest tersebut. 

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada pelaku UMKM yang akan menampilkan produknya pada kegiatan Pekan Fest nanti agar dapat memaksimalkan penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk transaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: