Kemenag Lampung Imbau CJH Segera Melakukan Pelunasan Biaya Haji 2024

Kemenag Lampung Imbau CJH Segera Melakukan Pelunasan Biaya Haji 2024

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Berdasarkan data Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung hingga saat ini tercatat sudah 4617 calon jemaah haji (CJH) telah berhasil melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) sebesar Rp. 58.493.334.

Adapun rincian pelunasan BIPIH yakni setoran awal yang telah dibayarkan sebelumnya sejumlah Rp. 25juta jumlah yang harus dilunasi sekarang adalah Rp. 33.493.334.

Kakanwil Kemenag Lampung, Puji Raharjo bersama dengan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Ansori, dan Humas, Alifah, mengumumkan pentingnya pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji bagi calon jemaah haji tahun 2024. 

Tercatat ada 6.969 calon jemaah haji dalam kuota reguler dan 2115 dalam kuota cadangan telah terdaftar.

BACA JUGA:Pemprov Lampung Optimalkan Potensi Sumberdaya dan Sinergi Seluruh Stakeholder Guna Percepatan Pembangunan

Puji Raharjo menekankan pentingnya membayar sisa pelunasan ini ke Bank Penerima Setoran (BPS) yang telah ditentukan, sesuai dengan setoran awal yang telah dibayarkan. 

Ia mengatakan untuk masa pelunasan tahap I akan berakhir pada tanggal 12 Februari 2024, sehingga diharapkan agar semua calon jemaah haji dapat melunasi biaya haji sebelum batas waktu.

Lanjutnya, sebagai syarat penting dalam proses keberangkatan, setiap calon jemaah haji diwajibkan menjalani Test Kesehatan (Istithoah) untuk memastikan kondisi fisik yang prima dalam melaksanakan ibadah haji. 

"Test ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap calon jemaah haji dalam kondisi yang kuat dan sehat, mengingat ibadah haji membutuhkan kondisi fisik yang optimal," ungkapnya.

BACA JUGA:Berdasarkan Data Kemenag Lampung, 5.723 CJH Dinyatakan Sehat

Puji Raharjo juga mengajak semua CJH yang telah masuk dalam kuota haji Provinsi Lampung untuk segera mengikuti Test Kesehatan dan melunasi biaya haji. 

Ia menjelaskan bahwasanya langkah tersebut ditekankan bukan hanya sebagai kelengkapan administratif, tetapi juga sebagai persiapan spiritual dan fisik dalam menghadapi salah satu rukun Islam yang sangat penting.

"Dengan kerjasama dan kepatuhan terhadap proses ini, kami yakin persiapan keberangkatan Anda akan lebih lancar, dan Anda dapat melaksanakan ibadah haji dengan nyaman dan aman," ungkapnya .

"Mari kita persiapkan diri sebaik mungkin untuk menunaikan ibadah haji dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan,"pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: