7.276 Jamaah Calon Haji Asal Lampung Telah Berangkat ke Tanah Suci, 25 Tunda Keberangkatan

7.276 Jamaah Calon Haji Asal Lampung Telah Berangkat ke Tanah Suci, 25 Tunda Keberangkatan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID  - Sebanyak 7.276 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Lampung telah di berangkatkan ke Tanah suci.

Adapun rincian dari 7.276 jamaah tersebut yaitu 7.135 jemaah kemudian 95 Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan 46 Petugas Haji Daerah (PHD).

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Puji Raharjo JCH Lampung tahun 2024 terdiri dari 19 kloter yaitu 10 kloter di gelombang pertama dan 9 kloter di gelombang kedua.

"Waktu operasional kita mulai 11 Mei 2024 masuk Asrama Haji dan terakhir 8 Juni diberangkatkan dari Asrama Haji," kata Puji Raharjo, Minggu 9 Juni 2024.

BACA JUGA:Mantap! 69 Pelari Polda Lampung Lolos Seleksi Kemala Run 2024

Ia menjelaskan jika dari  7.276 jamaah Lampung terdiri itu terdiri dari  3.383 jama'ah laki-laki dan 3.893 jama'ah perempuan.

Kemudian Puji menambahkan ada  25 jamaah haji Lampung yang gagal berangkat atau tunda keberangkatannya di musim haji tahun 2024 ini 

"Dari 25 orang yang gagal berangkat ini diantaranya 4 meninggal dunia, 11 sakit masuk asrama, 6 sakit sebelum masuk asrama dan 4 dengan alasan lain- lain," jelasnya. 

Puji menjelaskan jamaah yang tunda keberangkatannya tahun ini akan diberangkatkan di tahun depan.

BACA JUGA:RSUDAM Lampung Lepas Kepulangan Satu Pasien Operasi Bedah Jantung Terbuka

"Dari 25 yang tertunda itu kalau yang meninggal dunia diganti keluarganya atau pelimpahan. Tapi kalau yang tunda karena sakit atau mendampingi suami dan alasan lain itu tahun berikutnya," jelasnya. 

"25 orang jamaah Lampung yang gagal berangkat tahun ini diganti oleh jamaah dari Provinsi Banten," sambung Puji.

Puji menjelaskan bahwa para JCH yang telah berangkat saat ini sudah berada di Mekkah menunggu puncak ibadah haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina).

"Jadi mereka sekarang sudah persiapan Armuzna dan kita anjurkan tidak banyak aktivitas keluar hotel karena harus jaga kesehatan karena puncak Armuzna cukup padat tahun ini,"pungkasnya .*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: