Pembangunan Fisik Pasar Tematik Lumbok Seminung Mulai Akhir Mei

Pembangunan Fisik Pasar Tematik Lumbok Seminung Mulai Akhir Mei

Kabid Pengelolaan dan Pengembangan Pasar Diskoperindag Lampung Barat Salafudin, M.I.P--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan setempat terus mempersiapkan untuk pelaksanaan pembangunan pasar tematik di Pekon Lombok Kecamatan Lumbok Seminung yang bakal menelan anggaran sekitar Rp70 Miliar lebih tahun anggaran 2024.

Kabid Pengelolaan dan Pengembangan Pasar pada Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Lampung Barat Salafuddin mengungkapkan, pihaknya terus melaporkan setiap progres ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

Dijelaskan, setelah dilakukan peletakan batu pertama oleh Mendag Zulkifli Hasan pada Kamis 24 Januari 2024 lalu, maka pihaknya saat ini tengah memproses untuk perencanaan.

"Pada tanggal 20 Januari lalu juga telah dilaksanakan penandatangan RK (Rencana Kerja), dilanjutkan dengan peletakan batu pertama oleh pak Mendag, kemudian tanggal 6 Februari 2024 mendatang dijadwalkan untuk penandatangan kontrak perencanaan dengan konsultan perencanaan," ungkapnya.

BACA JUGA:339.998 Ton Lebih Bansos CPP Januari Disalurkan, Penerima Berbasis Data P3KE Kemenko PMK

BACA JUGA:Mobil Bus Ranau Indah Terjebak di Tikungan Tajam, Jalan Liwa-Sukau Sempat Terganggu

"Dalam setiap program yang kita laksanakan kita laporkan ke kementerian, untuk perencanaan ditarget sampai dengan April, kemudian di akhir atau pertengahan April akan dimulai lelang konstruksi dan Mei direncanakan sudah penandatanganan kontrak fisik sampai dengan pemenang tender," ujarnya.

"Sesuai target kementrian, kata dia, pelaksanaan fisik harus sudah selesai paling lambat Oktober mendatang, sehingga dengan masa kontrak Mei-November maka kami optimis target tersebut akan tercapai," pungkas Salafuddin.

Untuk diketahui, lasar tematik ini mengusung tiga konsep yaitu pariwisata, perdagangan, dan seni budaya. 

Untuk itu pembangunan dan pengembangan pasar tematik wisata ini diharapkan memberikan dampak positif terutama dari sisi pertumbuhan perekonomian.

BACA JUGA:Bawa Kucing Kuwuk, Seorang Pemuda Asal Tanggamus Diringkus Satreskrim Polres Lampung Barat

BACA JUGA:Perangkat Rekam KTP UPT Disdukcapil Way Tenong Rusak, Ini Keterangan Petugas

Tumbuhnya perekonomian itu, selain memberikan akses bagi para pedagang dan UMKM juga terbukanya lapangan usaha baru melalui pemberdayaan strategi melalui pariwisata, UMKM dan pengembangan pariwisata berkelanjutan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: