Gubernur Arinal Ikut Panen Perdana Kedelai Hasil Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Unila di Pringsewu

Gubernur Arinal Ikut Panen Perdana Kedelai Hasil Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Unila di Pringsewu

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Panen Perdana Kedelai hasil dari Kebun Percobaan penelitian yang dilakukan Fakultas Pertanian (FB) Universitas Lampung (Unila), Rabu 20 Desember 2023.

Adapun lokasi kebun percobaan penelitian ini yaitu di Gading Rejo Utara, Kabupaten Pringsewu.

Dalam panen tersebut terdiri dari delapan jenis bibit varietas unggulan yang dilakukan oleh FP Unila sebagai bentuk tindaklanjut arahan Gubernur Lampung terkait pencanangan Gerakan Tanam Kedelai di Provinsi Lampung.

Delapan jenis bibit varietas meliputi Detap 1, Dena 1, Denasa 1, Deja 2, Devon 1, Dega 1, Demas 1, dan Grobokan.

BACA JUGA:Provinsi Peduli Pekerja Migran Indonesia, Gubernur Lampung Terima Penghargaan dari Menaker RI

Namu yang dilakukan panen perdana oleh Gubernur Arinal merupakan hasil bibit Dega 1 dan Grobokan.

Menyikapi hal ini , Gubernur Arinal mengapresiasi Fakultas Pertanian dan jajaran Universitas Lampung yang telah melakukan kebun percobaan terhadap delapan jenis bibit varietas kedelai ini. 

"Apa yang sudah tergambar saat ini, dicatat lalu kita bahas. Kita lakukan perbaikan-perbaikannya, sehingga menemukan produksi yang lebih meningkat ketahanan produksinya, baik dia vegetatif maupun generatif dan juga menyesuaikan tentang aspek pasar," kata Arinal.

 Ia mengatakan dari hasil panen itu nantinya terlihat varietas apa yang lebih baik segi ketahanan tinggi produksi kemudian usianya.

BACA JUGA:Arinal Paparkan Capaian Pembangunan, Pertumbuhan Ekonomi 2023 Triwulan III di Lampung 4,27 Persen

Gubernur Arinal juga menginginkan hasil dari panen tersebut dibuat laporan ilmiahnya dan didiskusikan bersama Unila dan PTP guna menentukan rumusan. 

Setelah rumusan dihasilkan nantinya akan diundang para Bupati untuk dapat mendukung tanam kedelai tersebut di wilayah masing-masing.

Sementara Rektor Universitas Lampung, Lusmeilia Afriani mengatakan bahwa kedelai kebun percobaan terhadap delapan jenis bibit varietas ini dilakukan oleh Universitas Lampung dalam rangka mendukung dan menindaklanjuti arahan Gubernur Lampung terkait pencanangan gerakan tanam kedelai di Provinsi Lampung.

"Pada saat itu, Bapak Gubernur Arinal meminta Fakultas Pertanian untuk memulai percobaan penanaman beberapa varietas unggulan daripada kedelai. Menyambut baik inisiatif Bapak Gubernur, Fakultas Pertanian Unila bersama para peneliti kemudian dosen dan mahasiswa melakukan apa yang dicanangkan oleh Bapak Gubernur," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: