Arinal Paparkan Capaian Pembangunan, Pertumbuhan Ekonomi 2023 Triwulan III di Lampung 4,27 Persen

Arinal Paparkan Capaian Pembangunan, Pertumbuhan Ekonomi 2023 Triwulan III di Lampung 4,27 Persen

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memaparkan berbagai capaian Pembangunan Provinsi Lampung.

Hal tersebut ia terangkan dalam acara refleksi akhir tahun 2023 yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, Senin 18 Desember 2023.

Dalam refleksi ini secara resmi menjelaskan atas kerja-kerja yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung.

Hal tersebut guna mewujudkan target-target kinerja dan janji kerja dalam bingkai pilar pembangunan selama tahun 2019 hingga tahun 2023. 

BACA JUGA:Pj Bupati Lampung Barat dan Tulang Bawang Diperpanjang, Ini Pesan Gubernur Arinal

Dalam paparannya Arinal mengatakan Pembangunan Provinsi Lampung selama kurun waktu empat tahun lebih yakni sejak akhir tahun 2019 hingga diakhir Desember 2023 ini menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan, meskipun dihadapkan pada pandemi Covid-19 di tahun 2020 yang sangat mengkhawatirkan. 

Sehingga kebijakan pembatasan sosial masyarakat telah berdampak pada melambatnya pergerakan ekonomi di seluruh dunia, sehingga pertumbuhan ekonomi mengalami konstraksi.

"Namun demikian pada akhir tahun 2021, perekonomian daerah dengan upaya kita bersama mampu bangkit perlahan, menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang positif, terutama karena kontribusi sektor pertanian yang tidak banyak terdampak pandemi dan perkembangan sektor teknologi informasi yang sangat cepat," jelasnya.

Kemudian pada tahun 2022 dan 2023, kinerja pembangunan ekonomi, sosial, infrastruktur, dan lingkungan terus membaik dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

BACA JUGA:Hasil Seleksi PPPK Kesehatan Pemprov Lampung Diumumkan, Peserta yang Lolos Wajib Siapkan Berkas Ini

Pada Pilar Ekonomi, Gubernur Arinal menerangkan bahwa Perekonomian Provinsi Lampung tidak hanya tumbuh dengan baik setelah pandemi Covid-19, tetapi pertumbuhan tersebut memberikan dampak pada pengurangan kemiskinan, penurunan indeks gini (ketimpangan pendapatan), pengurangan pengangguran, dan peningkatan pendapatan per kapita masyarakat.

"Hal tersebut membuktikan bahwa pertumbuhan ekonomi Lampung merupakan pertumbuhan yang inklusif atau menciptakan pemerataan bagi sebagian besar masyarakat," jelasnya. 

Adapun pertumbuhan ekonomi Tahun 2023 pada triwulan III mencapai 4,27 persen (C to C) dan diproyeksikan pada akhir tahun 2023 mencapai 4,50 persen.

Kemudian, sektor pertanian masih menjadi sektor basis dalam struktur perekonomian Provinsi Lampung dan masih terus tumbuh, dibuktikan dengan tingginya pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung pada setiap Triwulan Kedua yaitu pada saat terjadi panen raya padi.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: