Yang Belum Klaim Banso El Nino 2023 Rp 400 Ribu Segera Cek di cekbansos.kemensos.go.id

Yang Belum Klaim Banso El Nino 2023 Rp 400 Ribu Segera Cek di cekbansos.kemensos.go.id

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam Rangka untuk mengatasi dampak bencana kekeringan yang dipicu oleh fenomena El Nino, Pemerintah Indonesia dengan meluncurkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Program ini niha merupakan bagian dari upaya Pemerintah untuk memberikan dukungan finansial langsung kepada Keluarga yang berdampak, dengan meluncurkan total anggaran yang cukup signifikan.

Menteri Sosial Tri Rismaharini memaparkan bahwa program ini akan menjangkau 18,8 juta keluarga dengan bantuan finansial yang substantif per keluarga.

Dana untuk program ini berasal dari alokasi tambahan yang disediakan oleh Kementrian Keuangan dengan total anggaran yang mencapai Rp 7,52 triliun.

BACA JUGA:Klik Linknya Sekarang! Giveaway Edisi 6 Desember 2023, Dapatkan Uang Tunai Gratis Tanpa Syarat

Dalam rangka menjamin distribusi yang efisien dan cepat, Pemerintah memilih PT Pos Indonesia sebagai kanal distribusi utama.

Keputusan ini didasarkan pada kemampuan PT Pos dalam menjangkau wilayah yang luas serta kecepatan penyaluran yang tentu diharapkan dapat menyelesaikan program sebelum akhir tahun.

"BLT El Nino kami usulkan melalui PT Pos. Kami berani dua bulan karena dengan PT Pos itu lebih cepat supaya tuntas sebelum akhir tahun ini," kata Risma.

Penerima BLT El Nino ini dipilih berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), yang memastikan bantuan tepat sasaran.

BACA JUGA:Kemensos Pastikan Bansos Tidak Pengaruhi Kampanye Politik Pemilu 2024

Masyarakat juga dapat mengecek status untuk penerima bantuan dengan melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id atau menggunakan aplikasi "Cek Bansos".

Untuk Detail Program BLT El Nino 2023.

Bantuan ini senilai Rp 400.000 untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

- Total penerima: 18,8 juta KPM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: