25 KPM di Way Suluh Terima BLT DD Triwulan Pertama Tahun 2024

25 KPM di Way Suluh Terima BLT DD Triwulan Pertama Tahun 2024

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Pekon Way Suluh Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) untuk triwulan pertama yakni Januari sampai dengan Maret tahun 2024 kepada 25 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Balai Pekon setempat, Kamis 4 April 2024.

Hadir dalam kesempatan itu, Peratin Way Suluh, Alkhodri, perwakilan Camat Krui Selatan, Lembaga Himpun Pekon (LHP), Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Uspika Krui Selatan, serta masyarakat sebagai KPM BLT DD tahun 2024.

Peratin Way Suluh, Alkhodri, dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang hadir dalam kegiatan penyaluran BLT DD tahun 2024 di Pekon Way Suluh untuk tahap pertama atau triwulan pertama ini. 

Mudah-mudahan dengan telah direalisasikannya BLT DD tahap pertama tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik dan juga bijak kepada seluruh KPM BLT DD tahun 2024 yang ada di Pekon Way Suluh ini.

BACA JUGA:Akhirnya, Satker PJN Timbun Jalan Menganga di Pesisir Tengah

“Untuk di tahun 2024 ini jumlah KPM BLT DD yang telah ditetapkan itu sebanyak 25 KPM, tentu penetapan KPM tersebut juga telah melalui berbagai tahapan dengan melibatkan semua pihak-pihak terkait,” katanya.

Dijelaskannya, terdapat beberapa kriteria dalam penetapan KPM BLT DD di tahun 2024 diprioritaskan kepada keluarga miskin yang berdomisili di Pekon setempat berdasarkan data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, selain itu keluarga lanjut usia, mempunyai anggota keluarga rentan sakit menahun, dan juga kriteria lainnya. 

Tentu, semua KPM untuk BLT dana desa tersebut diluar dari penerima program bantuan sosial (bansos) lainnya, seperti Program Keluarga harapan (PKH) atau lainnya.

“Karena itu, diharapkan agar KPM BLT DD di Pekon Way Suluh ini yang telah menerima BLT tahap pertama untuk tiga bulan yakni Januari, Februari, dan Maret 2024 ini, benar-benar dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan yang diprioritaskan,” ujarnya.

BACA JUGA:SDN 1 Pajar Bulan Bagi Hasil PTS Sekaligus Salurkan Infaq Siswa Untuk Siswa

Masih kata dia, dengan mendekati lebaran yakni Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini tentu diharapkan BLT DD tersebut dapat digunakan oleh KPM untuk membeli kebutuhan bahan pokok seperti beras, lauk pauk maupun kebutuhan pokok lainnya. 

Karena BLT tersebut disalurkan salah satunya untuk meringankan beban KPM dalam memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari, maupun kebutuhan yang memang mendesak lainnya.

“Sedangkan, besaran BLT DD yang diterima oleh KPM di penyaluran tahap pertama atau triwulan pertama itu total sebesar Rp900 ribu untuk setiap KPM, dimana besaran BLT DD untuk satu bulan itu sebesar Rp300 ribu perbulan/KPM,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: