Samsung Hadirkan Fasilitas Belajar Berteknologi Tinggi Untuk Tingkatkan Kompetensi Siswa dan Guru Madrasah

Samsung Hadirkan Fasilitas Belajar Berteknologi Tinggi Untuk Tingkatkan Kompetensi Siswa dan Guru Madrasah

--

BACA JUGA:Mak Oyot Penerima Program Unggulan Pekon Karang Agung Dapat Kejutan

Lokal beserta fasilitas SSLC akan digunakan sebagai tempat belajar dan pelatihan bagi MAN 11 Jakarta maupun kelompok di sekitarnya, termasuk MTSN 19 Jakarta yang sejak Oktober 2022 melakukan proses latihan di MAN 11 Jakarta sebab gedung dan fasilitas madrasah dalam keadaan rusak berat dampak banjir.

Dalam pelatihan tersebut, para guru mendapatkan materi informasi mengenai Samsung Knox manage, yaitu solusi Enterprise Mobility Management (EMM) terbaru dari Samsung yang dirancang untuk meningkatkan keamanan data organisasi.

Pada pelatihan yang sudah diadakan sejak 4 Januari 2023 yang lalu, para guru mendapat panduan penyiapan dan konfigurasi, pengaturan setting, dan dasar kebijakan yang direkomendasikan.

Kemudian materi Samsung Knox for School, sebagai aplikasi perlindungan keamanan terhadap perangkat tablet yang digunakan oleh para siswa sebagai pengganti text book, untuk mengakses Google Classroom, Google Workspace, melakukan kelas online melalui aplikasi video conference, dan mengerjakan dokumen.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Buka Festival Perkebunan Provinsi Lampung

Dengan platform ini, para siswa hanya bisa mengakses website yang berhubungan dengan pendidikan, bisa melacak tablet yang hilang atau dicuri, dan melakukan troubleshooting secara remote jika ada masalah pada perangkat.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, mengapresiasi konsistensi Samsung di dalam bidang pendidikan, terutama dalam upaya meningkatkan pelatihan guru dalam mengenalkan sistem digital.

Dirjen Pendis Dhani mengatakan bahwa Guru dituntut menguasai kompetensi pembelajaran kontemporer, hal tersebut merupakan kemampuan guru dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam melaksanakan pembelajaran.

Sangat penting untuk guru di madrasah untuk menguasai dan menerapkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, karena teknologi akan membuat kegiatan belajar lebih efektif, menstimulasi minat siswa dalam belajar, serta guru dan siswa sama-sama mendapatkan umpan balik untuk membuat kegiatan belajar semakin membaik

BACA JUGA:Jajan Anti Ribet! Bayar Scan QRIS Pakai GoPay Later

Materi lain yang penting untuk para guru dalam proses pembelajaran digital adalah Learning Management System (LMS), sebuah software e-learning yang dirancang sebagai pusat pengelolaan sistem pembelajaran secara online.

Melalui Sqolaria yang juga adalah platform School Information System dan Learning Management System (LMS) berbasis web dan aplikasi mobile yang terintegrasi dengan sistem Human Resources Integrated System (HRIS) staf sekolah, Enterprise Resource Planning (ERP).

Terdapat dalam bermacam pilihan modul yang juga terintegrasi secara langsung dengan kurikulum sekolah. Sqolaria menjadi sistem terpadu bagi sekolah mulai dari pendaftaran siswa baru, kelas virtual, forum diskusi, perpustakaan online, pembayaran digital, loker digital, E-Rapor otomatis, Sistem HRD sekolah, Sistem ERP sekolah, sosial media, info pembayaran SPP, Kalender Akademik, dan sebagainya. Pelatihan yang menyatu dengan kurikulum Pancasila.

Selain Knox Manage dan LMS, rangkaian pelatihan lainnya yang disalurkan adalah interactive content e-book dengan kurikulum Pancasila dari Pesona Edu. Pesona Edu memiliki berbagai koleksi e-book interaktif untuk siswa SMA dan SMK dari berbagai mata pelajaran, yang disajikan dengan animasi, gambar, video, dan simulasi interaktif, sehingga memudahkan siswa memahami konsep yang sulit dijelaskan dengan alat peraga konvensional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: