Tiga Siswa Asal Lampung Barat Lulus Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi

Tiga Siswa Asal Lampung Barat Lulus Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tiga dari enam siswa-siswi asal Kabupaten Lampung Barat yang dikirim mengikuti seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Lampung tahun 2024, lulus menjadi Paskibraka Tingkat Provinsi.

Ketiga siswa-siswi yang lulus seleksi Paskibraka tingkat Provinsi tersebut yaitu Arsya Chaleman Chalista dari SMAN 1 Liwa, Dharwy Helena Manulang dari SMAN 1 Liwa, dan Jeni Rizkia Wulandari dari MAN 1 Lampung Barat.

“Kalau tahun 2023 lalu ada lima siswa yang lulus seleksi masuk Paskibraka tingkat Provinsi Lampung, namun tahun ini hanya tiga siswa yang lulus yaitu dua putri dan satu putra,” Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Burlianto Eka Putra, S.H, Jumat 17 Mei 2024.

Untuk tiga peserta lainnya yang tidak lulus yaitu Afwan Alfaiz Deandariiz, Sandika Maryo Saputra serta Rini Rizna Wati akan menjadi pengibar bendera pusaka di Kabupaten Lampung Barat. 

BACA JUGA:Hasil Simulasi, Jumlah TPS di Lampung Barat Berkisar 472 Hingga 498 Pada Pilkada 2024

“Kita menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang mendukung, dalam hal ini bapak Sekda Lampung Barat selaku Ketua Pembentukan Tim Paskibraka Kabupaten Lampung Barat, bapak Bupati Lampung Barat, bapak Dandim 024 Lampung Barat dan Ketua PPI Lampung Barat, sehingga Kabupaten Lampung Barat bisa meluluskan setengah dari utusannya,” kata dia.

Meskipun demikian, Burlianto menyampaikan bahwa tingkat kelulusan tahun ini lebih rendah dari tahun lalu. Jika tahun 2023 lalu ada lima orang yang lulus sementara tahun ini hanya ada 3 orang.

“Ini merupakan bahan evaluasi bagi Badan Kesbangpol agar kedepan prestasi yang telah diraih bisa lebih ditingkatkan dan khusus untuk Paskibraka tahun ini kita belum bisa meluluskan peserta dalam seleksi nasional. Karena untuk menjadi Paskibraka Nasional, selain dibutuhkan kemampuan intelektual dan fisik yang prima ditambah ada talenta yang umumnya kurang dimiliki oleh calon Paskibraka Lampung Barat yaitu kemampuan berbahasa asing yang baik,” tegas dia.

Seraya menambahkan, untuk seleksi nasional itu dilakukan oleh BPIP langsung di Jakarta dan telah ditentukan siapa yang diutus oleh badan Kesbangpol Provinsi Lampung untuk mengikuti seleksi Paskibraka Nasional dan untuk tahun ini Lampung Barat belum terpilih untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat nasional. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: