Bakesbangpol Lampung Barat Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMAN 1 Sukau

Bakesbangpol Lampung Barat Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMAN 1 Sukau

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Lampung Barat menggelar sosialisasi bahaya narkoba di Aula SMAN 1 Sukau, Kamis (14 September 2023).

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kesbangpol Burlianto Eka Putra, S.H.

Dalam sambutannya Kepala Kesbangpol Burlianto Eka Putra mengungkapkan, peredaran narkotika, psikotropika dan obat terlarang (Narkoba) di Indonesia meningkat selama pandemi Covid-19. 

Ini menunjukkan indikasi tren permintaan akan barang narkotika meningkat dan sampai saat ini pasar terbesar penyalahgunaan narkoba adalah penduduk usia produktif, yaitu antara 15 dan 64 tahun. 

BACA JUGA:Pendamping PKH dan Komunitas Peduli Sesama Lampung Barat Serahkan Donasi ke Keluarga Penderita Meningitis

“Oleh karena itu kebijakan pemerintah pusat untuk menindak tegas terhadap para pelaku peredaran dan perdagangan gelap narkotika harus kita dukung karena sudah sampai pada level membahayakan,” ungkap Burlianto.

Untuk mengatasi masalah narkotika, lanjut Burlianto, tidak hanya melibatkan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, tetapi juga melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

“Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, juga para pelajar diharapkan mampu untuk memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba. Dengan demikian, terdapat upaya-upaya pencegahan dan memberikan pemahaman terlebih dahulu, sebelum dilakukan upaya represif,” kata dia

Terkait hal itu, Pemkab Lampung Barat melalui Tim Terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) telah memprogramkan upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba, diantaranya melalui sosialisasi bahaya narkoba bagi siswa SMA di Lampung Barat seperti yang dilaksanakan hari ini.

BACA JUGA:Bina Rohani Personel, Kapolres Lampung Utara Pimpin Kegiatan Binrohtal

“Kita jangan hanya menangkap pengedar, tetapi pemahaman dan pengetahuan bahaya narkoba harus juga kita gencarkan, yang pada akhirnya akan memunculkan pemahaman yang sama tentang besarnya bahaya narkoba. Sehingga mulai dari generasi muda, terutama para pelajar, serta seluruh elemen masyarakat lainnya menjadi termotivasi untuk bangkit bersama-sama melawan peredaran narkoba,” tegasnya. 

Sebagai upaya tindak lanjut dalam upaya memberantas narkoba, maka ia sangat mengapresiasi dan mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba di wilayah Lampung Barat melalui sosialisasi bahaya narkoba ini.

“Saya berpesan agar penyelenggaraan sosialisasi ini dapat berjalan secara berkesinambungan dengan peserta yang lebih merata dari seluruh elemen masyarakat,” ucapnya. 

Lebih jauh Burlianto mengungkapkan, pemberantasan penyalahgunaan narkoba tidak hanya berhenti hanya dengan acara sosialisasi saja, tetapi memerlukan kerjasama dari semua pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: