Ini Jawaban Gubernur Lampung Terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Terkait Raperda Perubahan APBD

Ini Jawaban Gubernur Lampung Terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Terkait Raperda Perubahan APBD

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung Lanjutan Pembicaraan Tingkat I dalam rangka Jawaban Gubernur Lampung terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Lampung atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan APBD Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2023, bertempat di Ruang Sidang DPRD Provinsi Lampung, Rabu 30 Agustus 2023.

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Fahrizal mengucapkan terima kasih atas masukan dan saran yang disampaikan oleh Fraksi-Fraksi terkait Raperda Perubahan APBD Provinsi Lampung tahun anggaran 2023 dalam rapat sebelumnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi PKB, Fraksi PKS, Fraksi Nasdem, dan Fraksi PAN atas saran, masukan dan tanggapan serta pertanyaan dalam Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023," ungkapnya. 

Terkait hal tersebut, Gubernur menyampaikan bahwa penyusunan Raperda tentang Perubahan APBD 2023 disusun dengan berpedoman pada kesepakatan bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD tentang perubahan kebijakan umum anggaran dan perubahan prioritas Plafon anggaran sementara yang telah disepakati pada tanggal 24 Agustus 2023 lalu.

BACA JUGA:Masuk Masa Purnabakti, Kadinkes Lampung Reihana Pamit, Ini Pesannya

"Kesepakatan tersebut dicapai melalui kajian dan pembahasan antara tim anggaran pemerintah daerah beserta jajaran perangkat daerah dengan Badan Anggaran beserta Fraksi-Fraksi DPRD, agar program dan kegiatan yang akan dijalankan benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat dan pembangunan daerah Provinsi Lampung," kata Fahrizal. 

Dari sisi Pendapatan Daerah, dalam Raperda APBD 2023 gubernur mengucapkan terimakasih atas perhatian, saran dan masukan yang disampaikan oleh beberapa fraksi dalam rangka memperkuat kapasitas fiskal daerah.

Pada Raperda APBD 2023 tersebut telah disepakati Pendapatan Daerah sebesar Rp8,08 Triliun yang terdiri atas Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp4,80 Triliun dan Pendapatan Transfer sebesar Rp3,2 Triliun serta Lain-Lain Pendapatan Daerah yang sah sebesar Rp14,07 Miliar.

Memperhatikan rasio Pendapatan Daerah antara Pendapatan Asli Daerah terhadap persentase Pendapatan transfer maka persentase Pendapatan Asli Daerah telah mencapai 59,4% berbanding dengan persentase Pendapatan transfer sebesar 40,3%, maka rasio kemandirian keuangan daerah pada Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 sudah sangat baik.

BACA JUGA:Cek Rekening! Ini Jadwal Pencairan Bansos PKH di Pesisir Barat

Gubernur menyadari, masih diperlukan kerja keras, kerja cerdas dan inovasi serta terobosan-terobosan dalam upaya meningkatkan kinerja pendapatan daerah Provinsi Lampung. 

"Kedepannya, kami berkomitmen untuk terus berupaya menggali potensi-potensi dalam upaya meningkatkan capaian pendapatan daerah Provinsi Lampung sehingga proses pembangunan dapat berjalan dengan optimal menuju Rakyat Lampung Berjaya. Hal tersebut juga tidak terlepas dari dukungan DPRD Provinsi Lampung," tegasnya.

Pada Rancangan Perubahan APBD 2023 ini, dalam rangka peningkatan pelayanan bidang pendidikan, Pemerintah Provinsi Lampung secara konsisten dan berkesinambungan telah mengalokasikan anggaran fungsi pendidikan mencapai 22,85 persen dari belanja daerah sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yaitu mencapai lebih dari Rp1,88 triliun.

Kemudian dalam rangka peningkatan bidang kesehatan, Pemerintah Provinsi Lampung secara konsisten dan berkesinambungan juga telah mengalokasikan anggaran kesehatan mencapai 13,19% dari total belanja daerah diluar gaji, sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yaitu mencapai lebih dari Rp940 Miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: