Meriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Disdikbud Pesisir Barat Gelar Lomba Mural

Meriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Disdikbud Pesisir Barat Gelar Lomba Mural

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengadakan lomba melukis di tembok atau mural yang diikuti oleh perwakilan siswa jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari masing-masing Kecamatan se-Kabupaten setempat, yang dilaksanakan selama dua hari sejak Senin-Selasa (14-15 Agustus 2023).

Kadisdikbud Kabupaten Pesbar, Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P., mengatakan, kegiatan lomba mural yang dilaksanakan Disdikbud itu merupakan rangkaian dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2023. 

Para siswa yang mengikuti  lomba mural itu sangat antusias, terlebih kegiatan itu merupakan yang kali pertama  dilaksanakan.

“Dalam kegiatan ini diikuti sekitar 20 satuan pendidikan yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kabupaten setempat, dengan lokasi mural di lingkungan kantor Disdikbud setempat,” katanya.

BACA JUGA:Meriahkan Semarak HUT RI, Peratin Gendon Usung Pasukan Ikuti Touring di Waspada

Dijelaskannya, untuk tim penilai tetap dari Disdikbud setempat, tentunya ada beberapa kriteria yang dinilai baik dari keindahan, tampilan, kerapihan, dan kriteria lainnya. 

Tentu kegiatan yang dilaksanakan ini juga merupakan salah satu dari merdeka belajar, dan Disdikbud Pesbar memberikan wadah kepada peserta didik yang memiliki potensi nilai seni, dan sebagainya.

“Kurikulum merdeka merupakan pengembangan proyek profil pelajar Pancasila, dimana peserta didik dapat membentuk karakter dari peserta didik,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam kegiatan lomba mural itu dengan mengusung tema memeriahkan 17 Agustus 2023 untuk membangkitkan semangat kemerdekaan. 

BACA JUGA:Tahun Ini Bank Mandiri Fasilitasi Pinjaman KUR Hingga Rp500 Juta

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan lomba mural yang baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Pesbar ini dapat berkelanjutan, dan bisa rutin dilaksanakan setiap tahunnya. 

Bukan hanya, hanya pada saat HUT Kemerdekaan RI saja, namun juga mudah-mudahan bisa kembali dilaksanakan pada momen lainnya.

“Kita berharap kegiatan seperti ini bisa terus ditingkatkan dan juga dapat menjadi program rutin. Karena selain untuk melatih potensi seni dan karakter siswa, juga sebagai wahana bagi siswa untuk mencurahkan impiannya melalui lomba mural tersebut,” pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: