Cegah Penipuan, Polsek Pesisir Tengah Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Cegah Penipuan, Polsek Pesisir Tengah Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Kapolsek Pesisir Tengah, Kompol Zaini Dahlan, S.H, M,H--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Polsek Pesisir Tengah, Polres Pesisir Barat (Pesbar), kembali mengimbau dan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat dan Pegawai di Kabupaten setempat, agar dapat meningkatkan kewaspadaan, serta berhati-hati, dan tidak mudah terpengaruh terhadap orang asing atau orang yang baru dikenal. 

Hal itu untuk mengantisipasi terjadi tindak kejahatan.

Kapolsek Pesisir Tengah, Kompol Zaini Dahlan, S.H, M,H., mewakili Kapolres AKBP Alsyahendra, S.I.K, M.H., mengatakan, adanya kejadian penipuan dengan korban salah satu pejabat di lingkungan Pemkab Pesbar bermodus penggandaan uang itu harus menjadi pelajaran bersama. 

Meski kasus itu merupakan kali pertama terjadi di wilayah hukum Polsek Pesisir Tengah, tapi diharapkan kedepan tidak terulang kembali.

BACA JUGA:Camat Air Hitam Apresiasi Prestasi Siswa MA Roudotus Sholihin Tembus KSM Nasional

“Untuk itu, diimbau agar masyarakat maupun pegawai untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap orang yang baru dikenal,” kata Zaini, diruang kerjanya, Kamis 10 Agustus 2023.

Menurutnya, berkaca dari pengalaman kasus salah satu pejabat dilingkungan Pemkab Pesbar yang menjadi korban penipuan dengan modus penggandaan uang itu, berawal dari pelaku yang menawarkan pijat refleksi kepada korban. 

Ketika itu, korban pun tertarik untuk pijat refleksi dengan pelaku. 

Disitulah pelaku mulai menawarkan jasa bahwa mampu untuk menggandakan uang.

BACA JUGA:21 Tim Sepak Bola Perebutkan Piala HUT RI ke-78 di Belalau

“Pelaku dalam melancarkan aksinya juga diduga menggunakan hipnotis, karena saat itu juga korban langsung tertarik terhadap tawaran pelaku, hingga akhirnya korban mengikuti keinginan pelaku,” jelasnya.

Karena itu, masih kata dia, jika ada orang yang baru dikenal untuk menawarkan sesuatu ataupun dengan alasan lainnya, lebih baik jangan langsung percaya, dan juga jangan mudah terpengaruh, serta yang terpenting tetap waspada. 

Karena dikhawatirkan itu dimanfaatkan untuk pelaku kejahatan. Mengingat, berbagai cara pasti dilakukan oleh pelaku kejahatan jika ada kesempatan.

“Kita juga berharap seluruh bhabinkamtibmas yang bertugas di setiap Pekon, terutama di wilayah hukum Polsek Pesisir Tengah ini untuk dapat memberikan imbauan maupun pemahaman terhadap masyarakat, agar waspada dan juga tidak mudah percaya dengan hal-hal yang berbau mistis yang mampu membuat hal-hal diluar nalar kita, seperti penggandaan uang tersebut,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: