Peserta Didik Sespimma Sespim Lemdiklat Polri Angkatan 69 Gelar Seminar Nasional

Peserta Didik Sespimma Sespim Lemdiklat Polri Angkatan 69 Gelar Seminar Nasional

--

BACA JUGA:5 Lokasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Tanggamus

Hal ini tentu sebagai upaya mempersiapkan kompetensi dari Pemimpin dimasa yang akan datang. Menurut para ahli, ada empat kompetensi yang sangat dibutuhkan.

Yaitu kepemimpinan, kemampuan bahasa, literasi IT, dan kemampuan menulis. Untuk menjadi manusia yang unggul di era Society 5.0, kompetensi kepemimpinan sangat penting karena memungkinkan manusia untuk mengarahkan dan memotivasi orang lain dengan cara yang efektif. 

Maka dari itu kemampuan bahasa merupakan hal yang utama, karena manusia akan semakin terhubung dengan berbagai budaya dan bahasa melalui teknologi informasi. 

Kemampuan bahasa dapat membuka peluang bisnis dan kerja sama global, serta memungkinkan manusia untuk memahami berbagai konteks dan perspektif.

BACA JUGA:Bisa Menyebabkan Kematian, Kenali Bahaya Tiga Jenis Penyakit Antraks dan Gejalanya

Dalam sambutannya, Kasespim Lemdiklat Polri Irjen. Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si., menyampaikan, guna meningkatkan kemampuan yang berintegritas dalam mempersiapkan pemimpin polri di era society 5.0, polri dapat menentukan langkah-langkah secara tepat dan cepat.

Yaitu memperkuat pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, fokus pada nilai-nilai etika dan integritas, mendorong partisipasi masyarakat, dan peningkatan komunikasi dan keterbukaan, pemimpin polri harus menjadi contoh dalam komunikasi yang jelas, terbuka dan efektif.

"Seseorang harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dengan baik dan mengekspresikan ide dan pemikirannya dengan baik melalui tulisan. Dengan memiliki kompetensi ini, manusia dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era Society 5.0," ungkapnya.

Sementara itu Dan Kasenat Sespimma Angkatan ke-69 AKP Aep Saepulloh, S.H., M.SI.. menyampaikan, seminar tersebut mengajarkan tentang pentingnya empat kompetensi yaitu kepemimpinan, kemampuan bahasa, literasi IT, dan kemampuan menulis dalam era Society 5.0.

BACA JUGA:Polda Lampung Gelar Upacara Penutupan Pendidikan Bintara dan Tamtama Polri Gelombang 1 Tahun 2023

Mengenai gaya kepemimpinan yang direkomendasikan untuk era Society 5.0 serta alasan mengapa gaya kepemimpinan tersebut dipilih, dan tentang kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan dan gaya kepemimpinan yang direkomendasikan dalam menghadapi tantangan di era Society 5.0. 

“Semoga apa yang kita terima hari ini menjadi bekal dan menjadi landasan mengambil tindakan dalam melayani masyarakat,” harap AKP Aep Saepulloh. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: