Sampah Berserakan, Masyarakat Keluhkan Ketiadaan Bak Pembuangan Sampah

Sampah Berserakan, Masyarakat Keluhkan Ketiadaan Bak Pembuangan Sampah

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dua kali mendapatkan piala penghargaan Adipura sebagai kota kecil terbersih tidak menjamin kebersihan ibukota Way Kanan.

Disana masih kerap terlihat sampah-sampah keluarga yang berserakan dan mengganggu keindahan. 

Salah satunya terlihat di Jalan Protokol Spandak Km 1 Way Kanan, nampak sampah di dalam plastik berserakan di tengah jalan utama ibukota Way kanan tersebut.

BACA JUGA:Semiotika Kapal Jung Lampung, Wahana Bahtera Kehidupan Manusia

Demikian pula yang ada di Jl. Radin Jambat Blambangan Umpu, sampah terlihat berserakan di pertigaan Jl. Haji Syarif Blambangan Umpu, padahal kerap terlihat petugas kebersihan yang melakukan tugasnya.

Diduga sampah-sampah tersebut berasal dari sampah keluarga yang sengaja dibuang di pinggir jalan untuk diangkut oleh pengangkut sampah.

Namun sebelum petugas kebersihan melaksanakan tugasnya, sampah tersebut keburu diacak-acak oleh anjing dan kucing liar hingga berserakan. 

BACA JUGA:Polsek Pesisir Tengah Amankan Petasan Saat Operasi Cempaka

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Way Kanan Dwi Handoyo Retno yang dikonfirmasi terkait sampah yang berserakan tersebut meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

Menurutnya, untuk jalan protokol dan perkantoran ada satgas kebersihan yang bertugas membersihkan dan menyapu sampah yang ada, peran serta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan diyakini akan memperingan tugas dari satgas kebersihan. 

"Kami sangat berharap dukungan dari rekan-rekan media untuk ikut mensosialisasikan ke masyarakat bahwa Blambangan Umpu adalah Kota Adipura, stop buang sampah sembarangan, pilah sampah dari rumah dan kelola sampah dengan baik. Insya Allah kita bisa mempertahankan Adipura di tahun ini,” ujar Dwi Handoyo Retno. 

BACA JUGA:Babinsa Koramil TKT Amankan Terduga Pelaku Pencuri dari Amuk Massa

Di sisi lain masyarakat mengeluhkan tidak adanya tempat penampungan sampah di wilayah itu sehingga masyarakat terpaksa membuang sampah di pinggir jalan.

"Maksudnya supaya petugas kebersihan mudah melihatnya dan membersihkannya, lagi pula di sepanjang jalan Jendral Sudirman dari Gerbang perkantoran Km 2 Blambangan Umpu juga kami tidak melihat ada bak sampah," ujar Asep, salah satu warga.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: