Pemkab Lampung Selatan Gelar Aksi Gerot Wisata, Bersihkan Sampah di Pantai Pasir Putih

Pemkab Lampung Selatan Gelar Aksi Gerot Wisata, Bersihkan Sampah di Pantai Pasir Putih

Winarni Nanang Ermanto memimpin aksi Gerot Wisata di Pantai Pasir Putih--

LAMSEL, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pada Rabu, 17 Juli 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Tim Penggerak Pesona Wisata Lampung Selatan (P2WLS) melaksanakan Aksi Gebrak Gotong Royong Terpadu Menuju Wisata Berkelanjutan (Gerot Wisata) di Pantai Pasir Putih, Desa Rangai Tri Tunggal, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan

Aksi Gerot Wisata ini dilaksanakan sebagai tanggapan terhadap laporan warga yang viral di media sosial mengenai tumpukan sampah di Pantai Pasir Putih. 

Dipimpin oleh Ketua P2WLS, Hj. Winarni Nanang Ermanto, tim ini terjun langsung ke lapangan untuk membersihkan dan merapikan area wisata, dengan tujuan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi para pengunjung.

Dalam arahannya, Winarni berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal serta mendukung pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. 

BACA JUGA:70.517 Ekor Sapi di Lahir Lewat Program Sikomandan,Pj Gubernur Samsudin:Penting Perilaku Kerja Prestatif ASN

"Kami berharap dengan adanya Gerot Wisata ini, pariwisata lokal dapat berkembang dan kunjungan wisatawan meningkat. Pengunjung tentu akan senang jika tempat wisatanya bersih, rapi, dan nyaman," kata Winarni.

Ia juga menekankan pentingnya keamanan dan kenyamanan dalam menarik wisatawan untuk kembali berkunjung serta memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan, Kurnia Oktaviani, menjelaskan bahwa pemilihan lokasi ini berdasarkan informasi dari warga dan netizen terkait tumpukan sampah di Pantai Pasir Putih.

"Kami saat ini berada di Pantai Pasir Putih. Kami merespon cepat video viral terkait tumpukan sampah kemarin dengan gotong royong membersihkan sampah untuk membantu pengelola wisata dalam meningkatkan jumlah pengunjung," ujar Kurnia Oktaviani.

BACA JUGA:Terparkir di Dalam Rumah, Motor Jurnalis Wanita Ini Digondol Maling

Menurutnya, sampah-sampah tersebut diduga berasal dari wilayah Pesisir Panjang dan Teluk. 

"Tadi saya sempat berbincang dengan salah satu karyawan di sini, Bang Rudi. Menurut beliau, sampah-sampah ini kemungkinan besar merupakan kiriman dari wilayah Panjang dan Teluk, terutama dari wilayah pesisir," ungkap Kurnia Oktaviani.

Gerot Wisata merupakan program Pemkab Lampung Selatan yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan serta Tim P2WLS, dengan melibatkan sejumlah perangkat daerah untuk bergotong royong membersihkan sampah atau hal lainnya di tempat-tempat wisata.

Dalam kegiatan Gerot Wisata kali ini, selain melibatkan perangkat daerah, juga melibatkan sejumlah perusahaan dan stakeholder lainnya, seperti Korem 043/Gatam, PT Sinar Mas, PT Charoen Pokphand Feedmill Lampung, Perum Bulog, Pemerintah Kecamatan Katibung, Desa Rangai Tri Tunggal, dan UPTD Puskesmas Tanjung Agung Kecamatan Katibung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: