Sekdaprov : Pertumbuhan Ekonomi Lampung 2022 Tumbuh Positif 4,28 Persen

Sekdaprov : Pertumbuhan Ekonomi Lampung 2022 Tumbuh Positif 4,28 Persen

--

BACA JUGA:Ketua DPRD Lambar Tinjau UMKM di Agro Wisata Sekolah Kopi

Ia mengapresiasi langkah Pemkot Bandar Lampung yang berfokus pada pengembangan sektor UMKM dalam mengatasi ketimpangan tersebut. 

"Mudah-mudahan ini menjadi suatu solusi sehingga kalau UMKM kita meningkat, sebagian masyarakat akan mendapatkan manfaat. Artinya ekonominya tumbuh, lapangan kerja meningkat,"  harapnya. 

Selanjutnya, Sekdaprov Fahrizal juga menyampaikan bahwa pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia yang ditunjukkan dengan angka IPM pada tahun 2022 Provinsi Lampung mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan sebesar 0,55 poin menjadi 70,45, sedangkan IPM Kota Bandar Lampung tahun 2022 sebesar 78,01 dan termasuk kategori tinggi. 

"Saya berharap Bandar Lampung dapat terus meningkatkan terhadap capaian IPM yang ada dalam upaya mendongkrak capaian IPM Provinsi Lampung," ungkapnya. 

BACA JUGA:Pj Peratin Tapaksiring Lantik dan Ambil Sumpah Jabatan Juru Tulis

Dari capaian-capaian pembangunan tersebut, Sekdaprov Fahrizal berpesan agar dalam penyusunan RKPD Tahun 2024 dapat benar-benar memperhatikan data-data makro dan kondisi sosial yang terjadi serta terus meningkatkan prestasi untuk capaian-capaian yang lebih baik. 

Ia juga menyampaikan beberapa pilar pembangunan yang perlu disinergikan oleh Kota Bandar Lampung, yaitu Pilar infrastruktur dan pengembangan wilayah, Pilar ekonomi yang meliputi pertumbuhan sektor perdagangan dan jasa dengan penguatan sektor ekonomi kreatif dan digitalisasi ekonomi serta penguatan peran Kota sebagai pendukung pembangunan sektor pariwisata di Provinsi Lampung. 

Selanjutnya, Pilar sosial yang meliputi peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat melalui peningkatan pelayanan Kesehatan masyarakat, Pilar Hukum dan Pemerintahan yang meliputi strategi penguatan Reformasi Birokrasi melalui Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. 

Sekdaprov Fahrizal mengapreasiasi langkah Pemkot Bandar Lampung yang sedang memangun Mall Pelayanan Publik dan ia juga menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung akan terus mendorong Kabupaten lain untuk memiliki Mall Pelayanan Publik demi memudahkan masyarakat. 

BACA JUGA:Curah Hujan Tinggi, Way Kanan Waspada Banjir

Selanjut, ia menjelaskan bahwa Pilar Lingkungan juga diperlukan dengan meliputi usaha dalam meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup agar masyarakat dapat menikmati lingkungan yang lebih baik, bersih dan indah. 

Sebagai informasi, Pemerintah Pusat telah menyusun tema RKP Tahun 2024, yaitu “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”. 

Selaras dengan tema tersebut, Provinsi Lampung juga telah menetapkan   tema  RKPD Tahun 2024 yaitu “Pemantapan Transformasi Ekonomi Dan Kualitas Sumber Daya Manusia Menuju  Rakyat Lampung Berjaya”. 

Sementara, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan tujuan dari Musrenbang ini adalah untuk mendapatkan masukan dalam penyusunan RKPD serta sinkronisasi agenda pembangunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: