Curah Hujan Tinggi, Way Kanan Waspada Banjir

Curah Hujan Tinggi, Way Kanan Waspada Banjir

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Curah hujan yang cukup tinggi di Way Kanan, menyebabkan sungai-sungai besar di Way Kanan meluap.

Akibatnya ratusan hektar lahan pertanian di sepanjang bantaran sungai-sungai besar terendam banjir dan sawah-sawahnya terancam fuso.

Di Negeri Agung, walaupun luapan air sungai Way Besai belum terlalu tinggi tapi Camat Negeri Agung Hepi Haryanto, S.E., menghimbau warganya bagi yang berada di pinggir aliran Way Besai berhati-hati.

BACA JUGA:Liwa Culinary Corner Dilaunching Senin Malam

Bukan tidak mungkin air sungai akan meluap walaupun di Negeri Agung curah hujannya stabil tapi kiriman air dari hulu lebih besar.

Karena itu pihaknya mengajak seluruh satgas BPBD agar siap siaga untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat ketika sungai Way Besai meluap. 

"Kami himbau kepada masyarakat Kecamatan Negeri Agung yang berada di dekat aliran sungai Way Besai untuk waspada dan kepada orang tua agar mengawasi anak-anaknya jangan bermain di dekat aliran sungai untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas Hepi Haryanto.

BACA JUGA:Taman Kota Hamtebiu Tak Lagi Ramah Anak, KLA Hanya Sebatas Piagam!

Masyarakat juga diimbau untuk senantiasa waspada dan peka terhadap kondisi cuaca ekstrim yang terjadi beberapa hari ini khususnya di Kecamatan Negeri Agung. 

“Kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan kepekaannya terhadap kondisi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini. Akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan aliran sunga meluap dan dapat mengakibatkan banjir dan tanah longsor,” pungkasnya.

Selain Way Besai, debit air Sungai Umpu, dan Sungai Tahmi juga mengalami peningkatan, bahkan ketinggian air sudah hampir menyentuh badan jembatan yang ada di atasnya.

BACA JUGA:Waspada! Penipu Catut Nama Wabup Pesbar, Dengan Modus Bantuan Dana Hibah Masjid

Merespon hal itu, Kepala BPBD Way Kanan Hi. Hendri Syahri, ST., MT., mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tim untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin saja terjadi.

“Semua warga Blambangan Umpu tolong segera memikirkan keselamatan masing-masing, karena hujan terus turun dan belum berhenti, saya yakin air akan semakin tinggi dan bisa saja menenggelamkan semua sawah warga yang ada di sepanjang bantaran sungai Umpu,” tegasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: