Ancam Adukan Kembali ke DKPP, Hasil Pleno Penetapan Ketua Bawaslu Pesbar Dipertanyakan

Ancam Adukan Kembali ke DKPP, Hasil Pleno Penetapan Ketua Bawaslu Pesbar Dipertanyakan

Inspektur Kabupaten Pesbar, Henri Dunan, S.E, S.H, M.H.--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) Jumat (17/2) lalu, telah melaksanakan rapat pleno untuk menetapkan ketua Bawaslu Pesbar yang baru dari Irwansyah digantikan oleh Heri Kiswanto.

Namun, hasil rapat pleno penetapan ketua Bawaslu Pesbar itu kembali mendapat sorotan dari Inspektorat Kabupaten Pesbar yang merupakan pengadu dalam perkara dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Inspektur Kabupaten Pesbar, Henri Dunan, S.E, S.H, M.H., mengatakan, dari hasil pleno yang telah dilakukan oleh Bawaslu dengan menetapkan Heri Kiswanto sebagai ketua selaku Teradu II dalam perkara dugaan KEPP yang telah dijatuhkan sanksi oleh DKPP. 

Karena itu, pihaknya mempertanyakan hasil keputusan pleno Bawaslu Pesbar tersebut.

BACA JUGA:Pemkab Lambar Diminta Segera Tangani Kerusakan Jembatan Penghubung Tapaksiring-Bumijaya

“Ketua Bawaslu Pesbar (Heri Kiswanto), yang telah ditetapkan berdasarkan hasil pleno itu sudah disanksi oleh DKPP, yang juga berdasarkan laporan Pemkab melalui Inspektur,” katanya, Senin (20/2).

Karena itu, kata dia, pihaknya mempertanyakan mengapa anggota Bawaslu Pesbar yang sudah mendapat sanksi itu bisa mendapat jabatan sebagai ketua Bawaslu Pesbar. 

Tentu dikhawatirkan kedepan dapat kembali berdampak terhadap hubungan dengan Pemkab setempat. 

Sehingga, jika putusan Bawaslu Pesbar itu tetap memutuskan Heri Kiswanto yang telah diberi sanksi itu sebagai ketua Bawaslu Pesbar yang baru, maka pihaknya akan kembali mengadukan ke DKPP.

BACA JUGA:Tangani Kemiskinan, Pemkab Lambar Luncurkan Aplikasi Sipakis Hebat

“Jika memang tetap diputuskan oleh Bawaslu Pesbar, kita akan kembali mengadukan persoalan itu ke DKPP untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bawaslu Pesbar Jumat (17/2) pekan kemarin, menggelar rapat pleno internal untuk menetapkan Ketua Bawaslu Pesbar. 

Dalam rapat pleno itu diputuskan Heri Kiswanto sebagai ketua Bawaslu Pesbar menggantikan Irwansyah. 

Selain itu, secara divisi Heri Kiswanto juga bertukar posisi dengan Irwansyah yakni sebagai koordinator divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan, Pelatihan, data dan Informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: