Unila Peringkat 13 Webometrics, 15 Besar se-Indonesia

Unila Peringkat 13 Webometrics, 15 Besar se-Indonesia

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Berdasarkan Hasil pemeringkatan dipublikasikan melalui laman resmi pemeringkatan web universitas di dunia www.webometrics.net pada akhir Januari 2023 Universitas Lampung (Unila) raih Peringkat webometrics bertahan di posisi 15 besar se-Indonesia. 

Unila berada pada peringkat 13 dengan skor Openness Rank 1277, Impact Rank 782, dan Excellence Rank 3579. Untuk pemeringkatan edisi Januari tercatat, ada kenaikan skor Impact Rank dari sebelumnya 888 menjadi 782.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Unila Prof. Ir. Suharso, Ph.D., mengatakan, mempertahankan peringkat Webometrics, khususnya sepuluh besar tidaklah mudah. Butuh keseriusan dan menjaga konsistensi dari seluruh sivitas akademika.

BACA JUGA:Pengumuman Hasil Seleksi CPPPK Guru di Pesbar Diundur

“Untuk menuju sepuluh besar memang ada upaya keras yang harus dilakukan,” ungkapnya, Kamis (2/2).

Unila terus berupaya meningkatkan jumlah dan kualitas tulisan, sitasi dosen, serta backlink. Unila juga perlu meningkatkan dan memperkuat lagi kualitas publikasi mengingat perguruan tinggi lainnya juga ikut bergerak.

Kendati demikian jika dilihat berdasarkan trennya, peringkat Unila pada pemeringkatan Webometrics bisa dibilang stabil dalam tiga tahun belakangan. Tingkat kesadaran dalam menjaga kualitas publikasi dan tulisan di kalangan dosen juga sudah mulai meningkat.

BACA JUGA:Harga Rokok dan Cabai Pengaruhi Inflasi di Lampung

Prof. Suharso berharap, Unila dapat terus meningkatkan posisinya sekaligus mengajak tidak hanya dosen tapi seluruh sivitas akademika untuk peduli pada pentingnya pemeringkatan ini. 

Jika kinerja dari sisi publikasi semakin meningkat, kemudian backlink berita-berita positif semakin tersebar maka peringkat Unila akan ikut naik.

“Sembari mempertahankan kualitas yang ada kita juga berbenah, serta tetap mengingatkan para dosen untuk tetap aktif dalam Google Scholarnya,” terangnya. 

BACA JUGA:Isu Penculikan Anak, Kabid Humas Polda Lampung Imbau Tidak Cepat Percaya dan Cek Kebenarannya

Sementara Ketua Tim Webometrics Unila Muhamad Komarudin, ST, MT., menambahkan, meskipun tidak masuk sepuluh besar, namun peringkat Unila saat ini tetap bertahan dan mengalami kenaikan pada skor Impact Rank.

“Impact ranking Unila naik, hanya memang perlu peningkatan dari sisi Excellence Rank yang masih berada di angka 3500-an,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: