Camat dan Peratin Muarajaya ll Lakukan Penyerahan Simbolis Bantuan Kambing DD

Camat dan Peratin Muarajaya ll Lakukan Penyerahan Simbolis Bantuan Kambing DD

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebagaimana Keputusan Presiden (Kepres) No.104/2021 tentang pemanfaatan Anggaran Dana Desa (ADD) yang diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi. 

Pekon Muarajaya ll, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat mulai mendistribusikan program dana desa untuk bidang ketahanan pangan kepada masyarakat. Seperti ketahanan pangan poin hewani pemerintah pekon setempat mengalokasikan dana untuk pembelian ternak kambing. 

Sabtu (27/8), Camat Kebuntebu Ernawati, S.E., bersama Peratin Ardiyo Pratama Putra, A.Md., menyerahkan secara simbolis ternak kambing kepada masyarakat yang masuk dalam kelompok peternak. 

Dalam sambutannya Ernawati menghimbau masyarakat atau kelompok peternak yang menerima bantuan ternak kambing dari program dana desa untuk memanfaatkan sebaik mungkin dengan dikembangkan dan terus digulirkan kepada masyarakat lainnya sehingga melalui usaha tersebut akan mampu mendongkrak ekonomi keluarga.

BACA JUGA:KKN STAI Maarif dan PANU Beri Pelatihan Digital Marketing di Pekon Sukajaya

"Jika selama ini kita fokus pada satu usaha seperti halnya perkebunan kopi melalui program ketahanan pangan bantuan ternak kambing dari pemerintah pekon saya berharap akan mampu menambah usaha dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari," pintanya.

Senada disampaikan Peratin Ardiyo Pratama Putra, A.Md., pihaknya juga berharap melalui bantuan tersebut ke depannya tekan yang dipimpinnya itu mampu menyuplai kebutuhan hewan kambing, yang memberikan penghasilan tambahan warga guna peningkatan kesejahteraan keluarga khususnya.

"Bantuan program ketahanan pangan ini akan menjadi bantuan secara bergulir karena itu dalam penerapannya meski sudah diserahkan kepada masyarakat akan diberikan pemantauan pembinaan secara kontinyu oleh aparatur Pekon," tegas pihaknya.

Karena itu Ardiyo meminta warga untuk betul-betul menjadikan usaha peternakan kambing tersebut sebagai usaha baru sehingga apa yang menjadi harapan pemerintah dalam rangka menjaga ketahanan pangan dapat diraih. 

BACA JUGA:Ribuan Warga Sidodadi Tutup Gebyar HUT RI dengan Hiburan Rakyat Kuda Lumping

Pihaknya menggambarkan dengan kondisi dunia seperti sekarang ini,  mungkin esok atau lusa ada hal-hal yang terjadi di luar dugaan sebagaimana pandemi virus Corona yang sempat melanda belahan dunia selama kurang lebih dua tahun dan berimbas sangat besar terhadap kehidupan. 

Maka dari itu dengan masyarakat sudah memiliki usaha bidang ketahanan pangan setidaknya kalaupun ada hal yang terjadi di luar dugaan sudah memiliki kesiapan untuk bertahan dan melalui coba-cobaan yang terjadi. 

 

"Semoga program peternakan kambing yang mulai kita jalankan melalui anggaran dana desa tahun ini betul-betul mampu menambah dan mendongkrak ekonomi kita menuju lebih baik lagi," tandasnya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: