Ribuan Warga Sidodadi Tutup Gebyar HUT RI dengan Hiburan Rakyat Kuda Lumping

Ribuan Warga Sidodadi Tutup Gebyar HUT RI dengan Hiburan Rakyat Kuda Lumping

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Rangkaian Gebyar HUT RI ke-77 Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Pekon Sidodadi Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat akhirnya ditutup dengan meriah melalui tampilan hiburan rakyat, seni budaya Kuda Lumping Maju Lestari Sabtu (27/8).

Seperti diketahui sejak awal Agustus pekon tersebut merupakan salah satu pemukiman di Kabupaten Lampung Barat yang melangsungkan berbagai kegiatan baik berupa seni budaya maupun perlombaan untuk memeriahkan Dirgahayu NKRI.

Sabtu ini menjadi puncak dan penutup dari rangkaian-rangkaian Gebyar yang dilaksanakan pemerintah Pekon setempat dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat mulai dari kalangan anak-anak remaja hingga dewasa.

Pada acara penutupan hiburan rakyat tersebut dihadiri ribuan masyarakat dengan begitu antusias, yang menyaksikan tahapan demi tahapan Kuda  Lumping Maju Lestari  yang dipimpin tokoh budaya setempat Bapak Boyani binaan pratin Prayitno.

BACA JUGA:Bersumber Dana Swadaya Pengurus, PERBASI Lambar Lakukan Seleksi Atlet Hadapi Porprov

Pada kesempatan itu Prayitno yang lebih akrab disapa Bang Malik menghaturkan terima kasih kepada semua unsur masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dari awal mensukseskan semua rangkaian yang sedianya telah dilaksanakan dari awal  hingga akhir bulan.

Malik juga mengapresiasi animo warganya untuk mengikuti kegiatan seperti halnya perlombaan begitu juga dengan seni budaya. 

"Saya berharap melalui kegiatan yang merupakan warisan leluhur,  menjadi cambuk penyemangat para penerus bangsa dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI seperti halnya dengan mempertahankan semua tradisi di era modern seperti sekarang ini," ungkapnya. 

Sementara disampaikan Boyani, ajang perhelatan yang dilaksanakan pada peringatan HUT RI kali ini merupakan wadah silaturahmi antar masyarakat setelah dua tahun diadakannya rangkaian Gebyar dampak dari pandemi Covid-19.

BACA JUGA:Lantik Pengurus MWC Batuketulis, Ketua PCNU Ingatkan Warga Nahdliyin Hidupkan Amaliyah NU

Dia juga mengajak Masyarakat khususnya Tunas Muda untuk menjaga dan mempertahankan semua warisan budaya diantaranya seni budaya kuda lumping yang memiliki banyak makna untuk menjaga persatuan masyarakat. 

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur meskipun kita tahu saat ini merupakan era modern namun warisan leluhur kita masih dapat kita jaga dan kita pertahankan bahkan rasa memiliki yang ada di masyarakat begitu tinggi," ucapnya. 

 

Di sisi lain Boyani mewakili seluruh unsur masyarakat Pekon Sidodadi menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada aparatur pemerintahan pekon yang telah memfasilitasi semua acara sehingga masyarakat dapat melaksanakan dan memperingati hari bersejarah NKRI. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: