Diskes Lambar Gelar Pemicuan 5 Pilar STBM di Lima Pekon dan Kelurahan Fajarbulan

Diskes Lambar Gelar Pemicuan 5 Pilar STBM di Lima Pekon dan Kelurahan Fajarbulan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung Barat, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Fajarbulan, Kecamatan Waytenong, menggelar pemicuan  Lima pilar,  Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kelurahan Fajarbulan, Pekon Karangagung, Mutaralam, Rambakjaya, Tanjungraya Dan Sukanti Selasa (12/7). 

Seperti diketahui, dalam rangka meningkatkan pencapaian universal access 100 persen kelurahan /pekon STBM 2024. Diskes melakukan pemicuan lima pilar.

Kepala Puskesmas Fajarbulan Minarni S.K.m, M.Kes., menyebutkan lima pilar dimaksud diantaranya Tidak Buang Air Besar (BAB) Sembarangan atau Open Defecation Free (ODF). Mencuci tangan pakai sabun (CTPS). 

Kemudian mengelola air minum dan makanan rumah tangga yang aman. Pengamanan sampah rumah tangga dengan benar. Dan pengamanan limbah cair  rumah dengan aman.

BACA JUGA:4 ODGJ Asal Sumberjaya Diberangkatkan

"Dari lima. Pilar tersebut dua Stop BAB..Dan mencuci tangan telah dilaksanakan. Artinya tinggal tiga pilar yang saat ini mulai diupayakan langkah yang harus dilakukan untuk dapat diterapkan sehingga tercapainya apa yang menjadi target pemerintah dalam menciptakan kesehatan pencapaian universal 100%.

Dan untuk merealisasikan hal itu Minarni berharap dukungan dari semua pihak khususnya aparat pekon dan kelurahan dalam menyuarakan kesehatan lingkungan STBM tersebut kepada masyarakat masing-masing.

Lurah Fajarbulan Erna Risnawati, S.E., dalam tanggapannya menyampaikan pihak kelurahan akan berupaya semaksimal mungkin dalam mewujudkan target STBM Lima pilar tersebut dengan akan memberikan arahan bimbingan sebagaimana harapan pihak kesehatan.  (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: