Dinkes Maksimalkan Kampanye Lima Pilar STBM

Dinkes Maksimalkan Kampanye Lima Pilar STBM

Media Lampung - Disway National Network-medialampung.co.id---

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini masih memaksimalkan kegiatan kampanye lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di wilayah kabupaten setempat.

Kabid Kesehatan Masyarakat, Arfi Julizar, S.Km., mendampingi Kadiskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km., mengatakan kampanye STBM itu dilaksanakan pada seluruh wilayah sasaran di Kabupaten Pesbar termasuk daerah yang telah ditetapkan sebagai open defecation free (ODF).

“Tidak hanya wilayah yang belum menyandang status ODF yang menjadi lokasi kampanye STBM itu, daerah yang sudah ditetapkan sebagai wilayah ODF juga masih kita bina akan penerapan STBM ini,” kata dia.

Dijelaskannya, kegiatan kampanye STBM pihaknya laksanakan pada tiga pekon yang telah menyandang status ODF pada tahun 2021 di Kecamatan Krui Selatan, yakni meliputi Pekon Way Suluh, Padang Haluan dan Mandiri Sejati.

BACA JUGA:PPDI Nilai Pemberhentian Aparat Pekon Pardahaga Tidak Sah

“Kegiatan kampanye di tiga pekon itu lebih kita fokuskan pada komitmen berkelanjutan STBM untuk pilar dua hingga pilar lima, seperti cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga,” jelasnya.

Menurutnya, masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan dengan disambut baiknya kampanye STBM lima pilar itu bisa diterapkan dengan baik juga oleh masyarakat di lingkungan masing-masing.

 

“Melalui kegiatan itu kami berharap seluruh pemangku kepentingan dapat berperan aktif untuk ambil bagian sesuai dengan kapasitasnya dalam mencapai target deklarasi lima pilar STBM di lingkungan masing-masing,” pungkasnya. (ygi/d1n)

 

Sumber: