H-2 Idul Adha, Disbunnak Lambar Targetkan Vaksinasi PMK Rampung

H-2 Idul Adha, Disbunnak Lambar Targetkan Vaksinasi PMK Rampung

Kabid Peternakan Disbunnak Lambar Alma Arif--

LAMPUNG BARAT, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahap pertama pada hewan ternak di Kabupaten Lampung Barat ditargetkan kelar sebelum lebaran Idul Adha. 

“H-2 sebelum lebaran Idul Adha, kita targetkan vaksinasi penyakit mulut dan kuku rampung di Kabupaten Lambar,” kata Kabid Peternakan Alma’ Arif mendampingi Kepala Disbunnak Yudha Setiawan, Minggu (3/7).

Menurut dia, program penyuntikan antibodi dari pemerintah tersebut berjalan selama sepekan. Hingga kemarin, Minggu (3/7) sebanyak 596 hewan ternak yang sehat sudah mendapatkan vaksinasi. 

“Hingga saat ini jumlah ternak yang divaksinasi telah mencapai 596 ekor atau sekitar 65 persen dari target 800 ekor,” tegasnya.

BACA JUGA:491 Ekor Sapi di Pesbar Selesai Divaksin PMK

Lanjut dia, vaksin yang akan digunakan hanya memiliki rentang waktu pemakaian sekitar 6-8 jam setelah vial nya di buka, jadi lewat dari batas waktu tersebut, vaksin PMK tidak lagi dapat digunakan, sehingga pihaknya sudah menyiapkan petugas untuk melakukan vaksinasi di masing-masing Kecamatan guna mencapai target vaksinasi.

“Nantinya vaksinasi ini akan dilakukan selama 3 tahap, dan untuk sekarang masih pada vaksinasi tahap pertama dan kedepan akan kembali dilaksanakan vaksinasi tahap kedua dan ketiga untuk mencegah penyebaran PMK itu,” kata dia seraya menambahkan, sejauh ini Kabupaten Lambar masih aman dari penyebaran PMK. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: