Pekon Sumberalam Salurkan BLT-DD Dirangkai dengan Gerai Vaksin Covid-19

Pekon Sumberalam Salurkan BLT-DD Dirangkai dengan Gerai Vaksin Covid-19

Medialampung.co.id - Pemerintah Pekon Sumberalam, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk periode Januari, Februari dan Maret, kepada 111 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bertempat di Gedung Balai Rakyat, Pukul 15.00 WIB, Selasa (12/4)

Setiap penyaluran BLT-DD di pekon tersebut selalu memiliki keunikan, dimana pada pembagian kali ini disandingkan dengan pemberian vaksin Covid-19 oleh tim medis Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Airhitam. 

Dimana dalam vaksinasi itu sasarannya bukan hanya KPM BLT-DD melainkan masyarakat umum untuk penyuntikan vaksin Dosis I, Dosis II dan Dosisi III (Booster). 

Bahkan Camat Airhitam Andy Chahyadi, S.H., M.A., yang hadir langsung dan melakukan pembagian BLT-DD secara simbolis ikut di vaksin booster yang disaksikan oleh, Kepala UPTD Puskesmas Nurbaiti, S.Kep., Kapolsubsektor Ipda Andi P, dan anggota dan Peratin Sumberalam Husain bersama jajaran. 

Dalam sambutannya Andy menyampaikan rasa syukur, di bulan suci ramadhan ini masyarakat dapat melaksanakan ibadah secara normal, begitu juga terhadap kegiatan lainnya, bila dibandingkan ramadhan dua tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19.

Pihaknya berharap bantuan berupa uang yang diterima masing-masing KPM sebesar Rp900 ribu untuk tiga bulan, dapat digunakan dengan sebaik mungkin untuk mencukupi kebutuhan dapur atau keperluan yang urgen lainnya. 

Dia juga mengimbau dalam pemanfaatan uang bantuan seyogyanya dapat dibelanjakan di lingkup pekon seperti warung dan toko-toko terdekat untuk perputaran ekonomi warga sekitar.  [caption id="attachment_199928" align="alignnone" width="1600"] Camat Airhitam, Andy Chahyadi, S.H., M.A., menerima suntikan vaksin booster di Gerai Vaksin Pekon Sumberalam[/caption]

Sementara disampaikan Peratin Husain, pada penyaluran BLT-DD tahun ini jumlah penerimanya lebih banyak dari tahun sebelumnya. Yakni 111 sesuai dengan ketentuan pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104, untuk BLT diambil dari 40% Dana Desa.

"Jika tahun kemarin penerima BLT-DD Pekon Sumberalam 80 KPM sekarang sesuai Keputusan Presiden jadi 111 KPM," terangnya.

Husain juga menyebutkan satu kewajiban pemerintah pekon tentang penyaluran BLT-DD sudah dilaksanakan untuk triwulan pertama, dimana untuk proses berikutnya akan dilakukan sesuai ketentuan. 

Dia juga meminta bantuan dapat dimanfaatkan dengan baik seperti dibelikan sembako, atau bentuk yang lebih bermanfaat. 

Sedangkan Kapolsubsektor Aipda Andi P. Mengapresiasi semangat warga dalam mengikuti vaksin, dan diharapkan semua masyarakat sudah di vaksin bahkan hingga dosis tiga. 

"Selain gerai vaksin seperti siang hari, pihak puskesmas bersama polri dan TNI juga membuka pelayanan vaksin usai shalat Tarawih di masjid-masjid, sehingga momen itu. diharapkan dapat dimanfaatkan warga," imbuhnya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: