Pekon Pagardewa Himpun Usulan Warga Lewat Musyawarah RKP Pekon 2022

Pekon Pagardewa Himpun Usulan Warga Lewat Musyawarah RKP Pekon 2022

Medialampung.co.id - Pemerintahan Pekon Pagardewa, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menggelar musyawarah Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pekon Tahun Anggaran (TA) 2022, di balai pekon setempat.

Seperti diketahui Musyawarah RKP Pekon merupakan agenda tahunan, upaya percepatan penyusunan pembangunan. Yakni menyerap aspirasi masyarakat terhadap kebutuhan baik berupa fisik maupun non fisik.

Dalam acara itu hadir tim verifikasi kecamatan, dan unsur terkait kecamatan lainnya, serta tokoh masyarakat, adat dan agama, di luar pemerintahan pekon. 

Pembangunan infrastruktur jalan, baik jalan lingkar, penghubung mendominasi usulan yang diajukan dari masing-masing pemangku. Di luar usulan lainnya yang bersifat non fisik. "Alhamdulilah dalam musyawarah RKP Pekon ini, peserta yang hadir komplit sehingga apa yang menjadi usulan terkaper. Untuk dilakukan pembahasan lanjutan berupa penetapan hasil," terang Peratin Rusdani. 

Lebih jauh disampaikannya, prioritas pembangunan khususnya untuk Dana Desa (DD) yang dikelola langsung oleh pekon. Berdasarkan Peraturan Menteri Desa (Permendes) PDTT Nomor 7, Tahun 2021, tentang prioritas penggunaan DD tahun 2022.

Pertama pemulihan ekonomi nasional, mengingat tahun ini sudah tahun kedua masa pandemi coronavirus disease 2019 (covid-19) yang telah menghantam berbagai pundi kehidupan termasuk sektor ekonomi. 

Masih kata Rusdani,prioritas pemulihan ekonomi melalui DD diantaranya, pembentukan, pengebanganan dan peningkatan serta pengelolaan Bumdes yang menjadi muara usaha desa. termasuk juga, Pengembangan Desa Wisata, pencegahan stunting, penangan bencana alam dan non alam. 

Yakni kembali diluncurkannya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), untuk meningkatkan daya beli masyarakat, karena dengan pandemi covid-19 semua sektor terpuruk.

Sehingga dengan cara peningkatan daya beli masyarakat melalui disuplay-nya kembali BLT akan membantu bangkitnya lagi usaha masyarakat seperti yang kehilangan mata pekerjaan dan berbagai lainnya.

Sebelumnya disampaikan Camat Pagardewa, M. Yones, S.Stp, M.H., diharapkan dalam musyawarah RKP dapat menghasilkan rencana kerja yang maksimal kedepannya, sebagaimana kebutuhan untuk kemaslahatan masyarakat pekon. 

Pihaknya juga menekankan kepada semua unsur pekon untuk menyampaikan secara tegas kebutuhan pembangunan baik berupa fisik maupun non fisik.

Yones juga menyebutkan TA 2022 orientasi pembangunan adalah pemulihan ekonomi, artinya dalam sektor pembangunan pun sifatnya untuk menunjang perekonomian, karena itu pusat prioritas usulan di bidang tersebut.

Karena itu dia mengajak untuk bersama, berdiskusi, tukar pikiran untuk TA 2022, melalui gagasan yang brilian, salah satunya upaya memaksimalkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan potensi wisata sebagaimana yang dimiliki Pekon Pagardewa.(r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: