Sejak 2021 Tidak Ada Lonjakan Kasus, Pemkot Bandar Lampung Berharap Segera Dapat Eliminasi Malaria

Sejak 2021 Tidak Ada Lonjakan Kasus, Pemkot Bandar Lampung Berharap Segera Dapat Eliminasi Malaria

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota Bandar Lampung dengan melalui Dinas Kesehatan, berharap untuk segera mendapatkan predikat Eliminasi Malaria atau pembebasan masyarakat dari Penyakit Malaria.

Selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung Desti Mega Putri menyampaikan, kalau kita melihat dari data yang kita miliki saat ini, untuk angka positif Malaria di Kota Bandar Lampung ini tidak pernah di atas 5% dari sejak tahun 2021.

"Untuk angka positif di bawah 5%, sedangkan angka kejadiannya berada di bawah 1 per seribu penduduknya, jadi selama 3 tahun berturut-turut, sejak 2021 tidak ada kejadian indigenous dikarenakan oleh nyamuk lokal,"ucapnya.

Untuk kejadian kita ini dari import atau dari bawaan ketika sehabis dari luar kota, ia penyakit ini kebanyakan datangnya dari penularan luar kota dan juga tidak timbul dalam satu wilayah di Bandar Lampung sendiri.

BACA JUGA:May Day, Polisi di Bandar Lampung Bagikan Makanan Gratis Kepada Peserta Unjuk Rasa

"Yang artinya orang-orang yang dari perjalanan kota seperti jalan-jalan ke pantai kemudian digigit nyamuk saat di sana, kemudian sakit itu namanya bunda indigenous tapi import kasusnya,"sambungnya.

Dari tiga indikasi tersebut bahwa pihaknya juga yakin bahwa Kota Bandar Lampung bisa untuk mendapatkan rekomendasi Eliminasi Malaria yang diberikan oleh Kementrian.

"Mudah-mudahan nanti eliminasi malaria di Kota Bandar Lampung ini bisa kita dapatkan kita ya kita sudah memenuhi untuk ketiga kriterianya," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: