Adipati Surya Serahkan Rekomendasi LKPj Bupati Waykanan Tahun 2020

Adipati Surya Serahkan Rekomendasi LKPj Bupati Waykanan Tahun 2020

Medialampung.co.id - Bupati Waykanan Hi. Raden Adipati Surya, SH., MM., Kamis (6/5), melalui Paripurna yang digelar DPRD Waykanan menyerahkan Rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2020. 

Pada Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Waykanan Nikman, SH., dan dihadiri pula oleh Wakil Ketua, dan Anggota DPRD Kabupaten Waykanan, Wakil Bupati Waykanan, Anggota Forkopimda Waykanan, dan Sekretaris Daerah serta jajarannya itu Bupati menyampaikan bahwa Penyampaian Rekomendasi LKPj Kepala Daerah Tahun Anggaran 2020, disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD tersebut menyatakan bahwa LKPj yang telah ia sampaikan dalam Paripurna DPRD tanggal 30 Maret 2021 yang lalu, bahwa secara substantif, dimana LKPj Tahun Anggaran 2020 merupakan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan dalam kurun satu tahun, dengan tolok ukur kinerja berdasarkan pencapaian target pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 yang merupakan penjabaran tahunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Waykanan Tahun 2016-2021. 

LKPj berisi gambaran dari berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan, termasuk kendala dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah meliputi: (1) Kebijakan strategis yang ditetapkan oleh kepala daerah dan pelaksanaannya; (2) Capaian program dan kegiatan, serta permasalahan dan penyelesaian masalah setiap urusan pemerintahan; (3) Tindak lanjut rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tahun Anggaran sebelumnya; (4) Pelaksanaan tugas pembantuan baik dari Pemerintah Provinsi maupun dari Pusat dan selanjutnya Laporan Keterangan Pertanggungjawaban tersebut menjadi acuan bagi DPRD untuk melihat sejauh mana program pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah

"Pada kesempatan ini kami akan menerima berbagai masukan catatan penyelenggaran pemerintahan tahun 2020 berdasarkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) yang telah dibahas bersama dengan DPRD Kabupaten Waykanan. Rekomendasi atas LKPj akan menjadi bahan evaluasi dan penyempurnaan penyelenggaraan pemerintahan pada tahun berjalan dan yang akan datang," kata Adipati. 

Masih menurut Adipati Surya, bahwa Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi secara global telah berdampak terhadap perekonomian global dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Kabupaten Waykanan, dimana pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Kabupaten Waykanan mengalami kontraksi sebesar 1,16%, PDRB Perkapita mengalami penurunan pada tahun 2020 Rp. 30.925.573 turun dari Tahun 2019 Rp. 31.101.996. 

"Terganggunya aktivitas ekonomi juga berimplikasi kepada perubahan dalam postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020, baik sisi Pendapatan Negara, sisi Belanja Negara, maupun sisi Pembiayaan. Perubahan Postur APBN juga berpengaruh pada struktur APBD Kabupaten Waykanan tahun Anggaran 2020. Hal ini merupakan tantangan kita kedepan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Pemulihan Ekonomi, dan perluasan program perlindungan sosial," imbuhnya.

Menghadapi keterbatasan anggaran sebagai tantangan klasik, lanjutnya, pihaknya menyikapi hal itu dengan cara-cara profesional melalui kebijakan sinergitas pendanaan Pusat, Provinsi dan Kabupaten dan memberikan tekanan pada program prioritas strategis yang dapat mengungkit sektor-sektor lain.

Pihaknya juga sangat menyadari, bahwa dalam proses pembangunan daerah masih terdapat hal-hal yang belum dapat diselesaikan dengan baik pada tahun yang lalu, maka pada kesempatan itu dirinya menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan terus melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, sehingga akan membawa perubahan dan perbaikan yang lebih baik terhadap pembangunan daerah kabupaten Waykanan. 

"Saya mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Para Pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Waykanan, yang telah menjalin kerjasama yang baik selama ini, serta mendukung berbagai kebijakan dan program pembangunan daerah di Kabupaten Waykanan yang kita cintai ini, sehingga dapat berjalan dengan baik, guna mewujudkan Waykanan Unggul dan Sejahtera," tutupnya.(*/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: