Sempat Mangsa Anjing Milik Warga, Harimau Sumatera Kembali Muncul di Kawasan HPT Pemerihan

Sempat Mangsa Anjing Milik Warga, Harimau Sumatera Kembali Muncul di Kawasan HPT Pemerihan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali mengimbau masyarakat yang menggarap lahan perkebunan di kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT), dan pengguna jalan lintas barat (jalinbar) yang melintas di kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) wilayah Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat agar tetap waspada, dan berhati-hati.

Pasalnya, di wilayah itu hingga kini masih sering ditemukan ada kemunculan satwa liar yakni Harimau Sumatera.

Bahkan, Rabu 29 April 2024 lalu, seekor Harimau Sumatera kembali terlihat muncul di kawasan HPT itu, bahkan sempat memangsa anjing peliharaan milik warga di gubuk yang ada di dalam HPT itu.

Kepala UPTD KPH Kabupaten Pesbar, Dadang Trianahadi, S.P, M.M., mengatakan, sebelumnya tim KPH Pesbar mendapat informasi dari warga yang ada di wilayah Pekon Pemerihan, Kecamatan Bangkunat, bahwa ada Harimau Sumatera yang kembali terlihat di kawasan HPT dan ruas jalinbar TNBBS di daerah tersebut. 

BACA JUGA:3 Hari Pencarian, Pengantin Baru yang Tenggelam di Sungai Semuong Ditemukan Tak Bernyawa

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata benar ada seekor Harimau Sumatera yang  sempat terlihat sampai ke sebuah gubuk milik Bambang, salah satu warga penggarap lahan di dalam HPT pada Rabu 29 April 2024 malam lalu.

“Menurut warga pemilik gubuk di dalam HPT itu membenarkan bahwa ada seekor Harimau Sumatera yang sampai ke gubuknya, dan sempat memangsa anjing peliharaannya yang ada di gubuk itu,” kata Dadang, Sabtu 4 Mei 2024.

Dijelaskannya, mengenai keberadaan Harimau Sumatera itu, sebelumnya KPH Pesbar telah mensosialisasikan kepada warga yang berada di dalam HPT wilayah Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat terkait tata cara mengamankan diri dari dan mengamankan hewan ternak dari serangan Harimau Sumatera, serta Beruang Madu. 

Ketika mengadakan sosialisasi itu, pihaknya bersama tim telah memberikan nomor handphone ke warga setempat.

BACA JUGA:Camat Sekincau Apresiasi Keberhasilan Pekon Pampangan Juara EPP Tingkat Kabupaten Lampung Barat

“Sehingga, jika ada informasi terkait kemunculan Harimau Sumatera agar segera disampaikan ke kami agar bisa secepatnya ditindaklanjuti,” ujarnya.

Sementara itu, dari hasil observasi lapangan yang dilakukan bersama tim, terkait dengan kemunculan Harimau Sumatera di wilayah HPT Pekon Pemerihan itu, ditemukan adanya kandang ternak kambing warga sudah dipasang dengan kaleng yang diikat tali untuk bebunyian. 

Sehingga, jika ada satwa liar Harimau Sumatera bisa menjauh dari kandang. 

Pihaknya juga tetap mengimbau kepada pengguna jalan yang melintas di kawasan HPT atau TNBBS di wilayah Pekon Pemerihan Kecamatan Bangkunat itu, terutama pengendara sepeda motor untuk tidak sendirian, lakukan perjalanan bersama (konvoi) terutama menjelang sore atau malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: