Gandeng ASIDEWI, Disporapar Lambar Gelar Pelatihan dan Pendampingan Desa Wisata

Gandeng ASIDEWI, Disporapar Lambar Gelar Pelatihan dan Pendampingan Desa Wisata

--

Medialampung.co.id - Pemkab Lampung Barat, melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) memberikan pelatihan dan pendampingan desa wisata, yang dilaksanakan sejak tanggal 18 hingga 26 Mei 2022.

Pelatihan bagi 90 orang atau masing-masing 30 orang dari tiga pekon yakni Pekon Sukaraja, Mutar Alam Kecamatan Waytenong dan Pekon Bahway Kecamatan Balikbukit itu ditutup Kamis (26/5) oleh sekretaris Disporapar Lambar Burlianto Eka Putra mewakili kepala Disporapar Nukman MS di Balai Pekon Bahway Kecamatan Balikbukit.

Burlianto mengungkapkan, kegiatan pendampingan pekon wisata ini dikhususkan untuk masyarakat di pekon wisata agar pengembangan kapasitas para pemangku kepentingan seperti aparat pekon, kelompok sadar wisata (Pokdarwis), penggiat wisata dan seluruh masyarakat yang memiliki keahlian khusus atau telah memiliki usaha mikro dan kecil menjadi sasaran selanjutnya terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif berbasis pariwisata.

"Selain itu kegiatan ini juga menjadi salah satu dalam upaya untuk mewujudkan pekon wisata," ungkapnya. 

Terusnya, kegiatan pendampingan pekon wisata yang dilakukan Disporapar mendatangkan Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) di bawah kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai pendamping serta narasumber untuk melatih dan membimbing yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para anggota sebagai salah satu pelaku utama pariwisata berbasis desa, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan serta pengembangan kapasitas usaha masyarakat desa yang berdaya saing.

"Selain itu juga meningkatkan citra pariwisata indonesia khususnya pariwisata lampung barat dengan memberikan kepuasan, rasa aman, adanya kepastian perlindungan dan jaminan terhadap kepentingan pemakai jasa," ujarnya. 

Lebih lanjut dikatakan Burlianto, dengan telah dilaksanakan kegiatan tersebut diharapkan kepada masyarakat yang ada di pekon wisata agar menjalin kerjasama dengan cara menggali ide-ide baru sehingga dapat memajukan pekonnya dengan menciptakan suasana yang baik sehingga pengunjung mendapat kenyamanan dalam berkunjung di pekonnya.

"Semoga setelah diadakan kegiatan ini kita mampu memahami potensi yang sudah dimiliki dan mampu mengelola serta memadukan dengan kesempatan yang ada pada saat ini," tutupnya. (nop/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: