Gali Peran Pokdarwis, Disporapar Lampung Barat Monev Wisata di Rest Area

Gali Peran Pokdarwis, Disporapar Lampung Barat Monev Wisata di Rest Area

Tim Disporapar Lampung Barat saat monev di destinasi wisata Puncak Rest Area Sumber Jaya-Foto Rinto-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat melaksanakan Monitor dan Evaluasi (Monev) wisata dengan mengunjungi objek wisata, sekaligus menyerap aspirasi dari Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis).

Disampaikan salah satu Tim Fungsional Pengembangan Objek Wisata Vevi Fitriliani, M.M., mendampingi Kadis Drs Dahlin, M.Pd., saat berkunjung ke tempat wisata Rest Area Sumber Jaya, Kamis 29 Agustus 2024. 

Dalam monev itu ada beberapa agenda yang dilaksanakan, seperti evaluasi kunjungan wisata, serta menggali keberadaan pokdarwis salah satunya yang strukturnya kepengurusan ada namun vakum. 

"Dalam kunjungan ini kita juga menggali apa kendala ataupun permasalahan sehingga keberadaan pokdarwis menjadi vakum untuk dicarikan solusi guna dapat aktif sebagaimana mestinya," terangnya.

BACA JUGA:Berkas Dinyatakan Lengkap, RMD-JIHAN Siap Bawa Perubahan Bagi Lampung

BACA JUGA:Pixel 9 Pro XL, HP Flagship Google dengan Teknologi Gemini AI

Dalam kunjungan tersebut tim juga melakukan pengecekan sekaligus peninjauan terkait peluang apa yang ada di destinasi wisata serta apa saja yang bisa dikembangkan. 

"Kita juga memberikan solusi dan motivasi kepada Pokdarwis maupun pemerintah pekon dalam upaya mengembangkan potensi yang dimiliki," jelas dia.

Dimana tujuan dari monev tersebut adalah memberikan dukungan dan support kepada Pokdarwis ataupun pengelola wisata agar terus melakukan upaya dalam menarik kunjungan wisatawan. 

"Kami memberikan himbauan ke pekon atau destinasi wisata lainnya untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dengan warga dan aparat setempat dalam mengenalkan potensi wisata. Mengingat wisata bukan saja menyuguhkan keindahan baik alam maupun wahana permainan kepada para pengunjung namun juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Seperti dengan menjual hasil usaha lokal yang juga sudah menjamur mulai dari kopi bubuk, makanan siap saji dan lain sebagainya," papar Vevi.

BACA JUGA:Daftar KPU, RMD-JIHAN Diantar Arak-arakan Kesenian Tradisional

BACA JUGA:Ribuan Pendukung Hadiri Deklarasi RMD-JIHAN Sebelum Mendaftar ke KPU

Di tempat yang sama Pengelola Rest Area, Kosasi, menyampaikan terima kasih terkait perhatian Disporapar yang memberikan perhatian penuh dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Lampung Barat seperti halnya puncak Rest Area yang dalam pengelolaannya di bawah kendali Disporapar.

"Meski secara kewenangan Rest Area ini di bawah kendali Disporapar namun kami sebagai petugas yang ada di bawah tetap memiliki kewajiban dalam pembinaan dan pengembangan keberadaan pokdarwis. Diantaranya dengan mengajak untuk dapat berperan seperti menyajikan produk UMKM serta lainnya yang mampu menarik minat wisatawan ataupun pengunjung untuk membeli," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: