TPID Provinsi Lampung Akan Kembangkan Satu Data Informasi Harga Pangan

Kamis 10-10-2024,23:33 WIB
Reporter : Dedi Andrian
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin memberikan arahan pengendalian inflasi daerah yang strategis dan komprehensif dalam High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang diadakan di Mahan Agung, Bandar Lampung, Kamis 10 Oktober 2024.

Dalam pertemuan yang dihadiri Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Pj Gubernur Samsudin menekankan langkah-langkah pengendalian inflasi di wilayah Provinsi Lampung dan menargetkan tingkat inflasi yang lebih stabil, sesuai dengan standar nasional. 

Samsudin menegaskan bahwa target inflasi nasional tahun 2024 adalah 1,5% hingga 3,5%, dengan angka ideal yang diharapkan berada pada kisaran 2,5% plus-minus 1%.  

BACA JUGA:Ratusan Personel Polda Lampung Dikerahkan Amankan Debat Perdana Cagub 2024

BACA JUGA:Desa Kalibalangan Serah Terima Jalan Onderlagh: Solusi Akses Angkut Hasil Panen

“Kita perlu upaya pengendalian yang terukur agar inflasi di Lampung tidak melebihi standar nasional, namun juga tidak terlalu rendah,” tegas Samsudin.

Pj Gubernur Samsudin juga menekankan pentingnya pengumpulan data yang akurat dan sistematis untuk memantau pergerakan inflasi di Lampung.  

“Langkah-langkah pengendalian inflasi harus berbasis pada data yang akurat dan perlu disosialisasikan dengan baik agar masyarakat juga memahami peran mereka dalam menjaga stabilitas harga,” katanya. 

Ia juga mengarahkan para kepala daerah untuk memantau perkembangan inflasi di wilayah masing-masing secara intensif, serta terus berkoordinasi dengan satgas pangan dalam menjaga kelancaran distribusi dari tingkat distributor hingga ke pengecer.

BACA JUGA:Plt.Ketua Dekranasda Nuri Maulida Promosikan Kerajinan Khas Lampung Selatan di ITTIE Batam

BACA JUGA:Desa Bandar Kagungan Raya Gelar Musrenbangdes, Fokus pada Kesehatan dan Infrastruktur

“Pemantauan yang efektif harus dilakukan secara rutin agar inflasi di Lampung tetap terkendali dan daya beli masyarakat tetap terjaga,” jelasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Lampung, Rinvayanti menyampaikan bahwa saat ini sedang dikembangkan sistem Satu Data Informasi Harga Pangan atau “SADAR PANGAN” pada website TPID Provinsi Lampung. 

Melalui SADAR PANGAN akan didapat gambaran yang jelas dan lengkap mengenai perkembangan harga pangan di berbagai wilayah Provinsi Lampung. 

Kategori :