Ganjar Pranowo Minta Calon Kepala Daerah Antisipasi Kecurangan Jelang Pilkada 2024

Ganjar Pranowo Minta Calon Kepala Daerah Antisipasi Kecurangan Jelang Pilkada 2024

Ganjar Pranowo menghadiri Rakerdasus PDIP Provinsi Lampung--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua DPP PDIP Bidang Pemerintahan dan Ekonomi Daerah, Ganjar Pranowo, menghadiri Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) PDIP Provinsi Lampung di Swiss Belhotel, Sabtu 28 September 2024.

Dalam pertemuan tertutup dengan pengurus PDIP dan 16 calon kepala daerah yang akan maju pada Pilkada 2024, Ganjar meminta para calon mempersiapkan semua aspek teknis untuk memastikan pemilihan berjalan lancar. 

Mulai dari tahapan kampanye, hingga pengamanan saat pemungutan suara di TPS, harus diantisipasi dengan baik.

“Kami menekankan pentingnya persiapan yang matang untuk Pilkada, terutama dalam mengantisipasi potensi pelanggaran yang mungkin terjadi selama masa kampanye,” kata Ganjar.

BACA JUGA:Bersatu Bersama Kementerian Agama Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Ibadah Haji 2025

Ganjar juga menyoroti berbagai potensi pelanggaran kampanye, termasuk interaksi dengan Panwascam dan Bawaslu untuk mencegah kecurangan.

Menurutnya, kerjasama yang baik antara lembaga terkait sangat penting untuk menjaga demokrasi.

“Kami berharap lembaga negara menjalankan tugasnya secara profesional tanpa intervensi, agar demokrasi dapat berkembang dengan baik,” jelasnya.

Ganjar mengingatkan bahwa politik uang menjadi ancaman nyata dalam Pilkada. 

BACA JUGA:DPP PDIP Kerahkan ‘Tim Siluman’ Awasi Pilkada Provinsi Lampung

Oleh karena itu, calon kepala daerah perlu aktif mencegah praktik-praktik semacam itu, termasuk saat proses penghitungan suara.

“Money politics saat ini masih marak terjadi, bahkan kepala desa kerap ditekan. Calon kepala daerah harus siap menghadapi situasi ini dan memastikan pelanggaran dapat diminimalisir,” tegas Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: