Tumbuh Liar dan Sering Terabaikan, Ciplukan Ternyata Punya Segudang Manfaat

Tumbuh Liar dan Sering Terabaikan, Ciplukan Ternyata Punya Segudang Manfaat

Buah ciplukan -Tangkapan layar-

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Rambut dengan Kulit Manggis

Ciplukan kaya akan vitamin A dan beta karoten yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga fungsi penglihatan dalam kondisi cahaya redup, sedangkan beta karoten membantu mencegah kerusakan mata akibat radikal bebas.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Ciplukan mengandung vitamin K dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin K membantu dalam proses pembekuan darah dan pembentukan tulang, sedangkan kalsium membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

BACA JUGA:Bukan Hanya Untuk Kesehatan Tubuh, Kulit Manggis Juga Bermanfaat Bagi Kulit Wajah

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam ceplukan membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang membuat kulit kenyal dan awet muda, sedangkan antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit seperti keriput dan flek hitam.

7. Menurunkan Demam

Ciplukan memiliki sifat antipiretik yang membantu menurunkan demam. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau direbus untuk mendapatkan khasiatnya.

BACA JUGA:Sisa 5 Hari, Peluang Masuk Jurusan Kesehatan Farmasi SMK Bhakti Wiyata Pampangan Masih Terbuka

8. Mengatasi Peradangan

Ciplukan memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengatasi peradangan di tubuh. Peradangan kronis dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti arthritis, penyakit jantung, dan kanker.

9. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ciplukan mengandung serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol.

BACA JUGA:Disnakeswan Lampung Bersama Instansi Terkait Cek Ketersediaan dan Kesehatan Hewan Kurban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: