Pemprov Lampung Wawancara Kandidat Paritrana Award Tingkat Provinsi

Pemprov Lampung Wawancara Kandidat Paritrana Award Tingkat Provinsi

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov ) Lampung menggelar Wawancara Kandidat Paritrana Award Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 di Hotel Golden Tulip Springhill Lampung, Rabu 21 Februari 2024.

Acara dibuka Asisten Administrasi Umum Senen Mustakim, mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Senen mengatakan tujuan dari Paritrana Award guna meningkatkan kepatuhan dan kepedulian Pemberi Kerja/Badan Usaha terhadap peraturan jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek) dan pekerja rentan di sekitar. 

Hal ini diharapkan dapat memperluas kebermanfaatan Jamsostek untuk meningkatkan kesejahteraan dan mencegah kemiskinan baru.

BACA JUGA:Verifikasi Berkas Selesai, BKD Lampung Targetkan Input Nomor Induk PPPK Rampung Bulan Ini

"Sehingga melahirkan awareness untuk memenuhi hak jaminan sosial setiap warga negara yang merupakan amanah konstitusi. Hak jaminan sosial adalah hak yang wajib dipenuhi oleh negara melalui Pemerintah, Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan stakeholders lain," kata Senen.

Ia meminta agar pelaksanaan Program Jamsostek di Provinsi Lampung, dapat semakin optimal melalui perlindungan kepada seluruh pekerja.

Seperti diketahui, Paritrana Award adalah apresiasi Pemerintah kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan Pelaku Usaha yang telah mendukung implementasi program Jamsostek untuk mewujudkan Universal Coverage Jamsostek.

Senen menjelaskan capaian data cakupan kepesertaan Program Jamsostek Provinsi Lampung sampai dengan 31 Desember 2023 sudah mencapai 26,79% atau sebesar 731.991 pekerja dari populasi pekerja Provinsi Lampung 2,7 Juta pekerja.

BACA JUGA:Wagub Kalimantan Tengah Datangi Lampung, Pelajari Kesuksesan di Bidang Pertanian

"Artinya dengan capaian tersebut Provinsi Lampung masih bisa ditingkatkan agar lebih optimal," jelasnya.

Senen juga menyebut wujud komitmen nyata pemerintah hadir guna memastikan pekerja di Provinsi Lampung pada tahun 2023 telah terlindungi Program Jamsostek, dengan mengalokasikan bantuan kepada 14.700 pekerja rentan di Provinsi Lampung.

Ia menuturkan Jamsostek sendiri didalam Pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) masuk dalam Pilar Pembangunan Sosial dalam tujuan satu yaitu Tanpa Kemiskinan.

Menurutnya, selain upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah, perusahaan harus berkontribusi dalam pencapaian SDGs.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: