PMI Lampung Barat Gelar Bakti Sosial Cek Golongan Darah di SMAN 1 Air Hitam

PMI Lampung Barat Gelar Bakti Sosial Cek Golongan Darah di SMAN 1 Air Hitam

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hari ini, Rabu 7 Februari 2024 bakti sosial pemeriksaan atau cek golongan darah berlangsung di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Air Hitam Kabupaten Lampung Barat, tercatat sebanyak 54 siswa-siswi SMAN tersebut ikuti kegiatan yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Air Hitam.

Yuliati Tenaga Kesehatan dari Tim PMI Kecamatan Air Hitam sebelum memulai kegiatan terlebih dahulu menjelaskan prosedur cek golongan darah tersebut kepada para siswa-siswi SMAN 1 Air Hitam.

"Cek golongan darah dilakukan dengan mengambil sampel darah terlebih dahulu. Petugas kesehatan akan membersihkan area kulit di jari tangan para pelajar yang akan ditusuk jarum dengan kapas beralkohol. Setelah itu, kita menusukkan jarum tes darah itu untuk mengambil sampel darah, gak sakit ya, hanya seperti nyeri dikit aja," ungkap Yuliati, 7 Februari 2024. 

"Kemudian setelah sampel darah diambil, jarum tes darah itu akan ditarik secara perlahan dan area suntikan ditutup menggunakan kapas antiseptik yang digunakan untuk membersihkan luka untuk menghentikan darah yang keluar," sambung Yuliati. 

BACA JUGA:Padang Dalom Dilaunching Jadi Pekon Pelopor Pemilu Damai

BACA JUGA:Pekon Tiga Jaya dan Waspada Musdesus BLT-DD

Menurut dia, hasil pemeriksaan golongan darah umumnya dapat diterima dalam hitungan menit, jadi darah para pelajar yang akan di cek golongan darahnya akan di campur atau diteteskan dengan reagen di 4 kolom yang ada di kartu.

“Setelah itu, Tim Tenaga Kesehatan akan segera mengetahui golongan darah para pelajar yang hari ini kita cek dan mereka juga akan kita beri kartu yang berisi tipe golongan darahnya agar disimpan dan dapat digunakan kembali bila diperlukan," pungkas dia.

Sementara itu, Anggota Korps Sukarela (KSR) PMI Lampung Barat Iksan mengatakan bahwa itu kegiatan cek golongan darah di SMAN 1 Air Hitam terdata ada sebanyak golongan darah 54 pelajar.

"Untuk golongan darah A ada sebanyak 12 orang, golongan darah B tercatat 23 orang, AB hanya ada 2 orang dan golongan darah O terdata ada 17 orang jadi total 54 orang pelajar," kata Iksan. 

BACA JUGA:Sah, Juremiyudi Resmi Menjabat Sebagai Camat Sukau

BACA JUGA:Lumbok Seminung, Kecamatan Termuda Penerima Anggaran Terbesar di Lampung Barat

Ketua PMI Air Hitam Angga mengatakan, bakti sosial cek golongan darah ini adalah kegiatan yang sangat penting.

"Ya, Pak Edi Novial sebagai Ketua PMI Lampung Barat di berbagai kegiatan kerap katakan ini penting terutama ketika kita dihadapkan dengan beberapa kondisi seperti sebelum mendonorkan darah atau menerima transfusi darah. Untuk mencegah komplikasi, juga sebelum operasi agar transfusi darah bisa segera diberikan bila terjadi perdarahan," ujar Angga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: