Musrenbang di Batu Ketulis dan Belalau, Pemkab Tekankan Usulan Berdasarkan Kebutuhan Dasar

Musrenbang di Batu Ketulis dan Belalau, Pemkab Tekankan Usulan Berdasarkan Kebutuhan Dasar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 digelar di dua kecamatan yaitu kecamatan Batu Ketulis dan Belalau pada Selasa 6 Februari 2024.

Di Kecamatan Batu Ketulis, musrenbang yang digelar di gedung arlyn, pekon bakhu itu dipimpin oleh Pj Sekkab Lambar Drs Adi Utama, sedangkan di Kecamatan Belalau yang di digelar di Pekon Sukarame, dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Lambar Drs. Nukman.

Selain dihadiri pimpinan daerah, musrenbang yang menjadi agenda rutin tahunan itu dihadiri sejumlah anggota DPRD, kepala OPD, Camat beserta jajaran Uspika, Peratin dan perangkat pekon, LHP, serta para Tokoh Masyarakat.

Seperti pada momen sebelumnya, kegiatan itu diawali penyerahan dana kecamatan dan dana desa (DD) kepada Camat dan Perwakilan peratin oleh Pj. Bupati Nukman dan Pj. Sekda Adi Utama.

BACA JUGA:Bagikan Seragam, Pj Peratin Giham Ingatkan Pentingnya Peran Linmas

BACA JUGA:Antisipasi Kebutuhan Transfusi Darah, PMI Lampung Barat Cek Golongan Darah Pelajar SMAN 1 Sumber Jaya

Di kesempatan itu, Pj. Bupati Nukman berpesan kepada camat, peratin, perangkat pekon, LHP, dan masyarakat agar memprioritaskan usulan kegiatan yang memiliki manfaat bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan produksi dan produktivitas, serta memperlancar keterjangkauan pusat-pusat pelayanan ekonomi dan sosial antara pekon dengan ibu kota kecamatan.

Selain itu Pj. Bupati Nukman juga mengatakan, di Kabupaten Lampung Barat pada tahun 2023 masih terdapat 16 pekon dengan status berkembang. 

Sehingga kecamatan yang masih memiliki pekon dengan status pekon berkembang. Dirinya meminta untuk memprioritaskan usulan kegiatan pada aspek yang mendukung pembangunan.

“Tentu diharapkan nantinya bisa menjadi pekon yang maju dan mandiri, dengan tetap menyelaraskan antara rencana pembangunan pekon yang tertuang dalam APB-Pekon, sesuai dengan tujuan dan sasaran rpd tahun 2023-2024,” ucap Nukman.

BACA JUGA:Kenalkan Produk Unggulan, TP-PKK Batu Ketulis Buka Bazar UMKM di Musrenbang

BACA JUGA:Caleg DPD RI Asal Lampung Barat Agung Imam Prasetyo Berharap No 2 Jadi Angka Hoki

Ia melanjutkan, sebagai informasi bahwa total APBD Lampung Barat tahun 2024 sebesar 1,09 triliun lebih, dan itu mengalami kenaikan sebesar 116,45 milyar dibanding tahun 2023 yang sebesar 980,33 Miliar.

Namun, pengelolaan dana APBD Lambar tahun 2024 sebagian harus dialokasikan untuk pembayaran formasi PPPK (P3K) sebesar 14,65 miliar lebih, hibah Pilkada kepada KPU dan Bawaslu Kabupaten Lampung Barat sebesar 21,83 miliar lebih, dan pembayaran pinjaman pokok serta bunga Pen sebesar Rp.17,9 miliar lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: