Antisipasi Kebutuhan Transfusi Darah, PMI Lampung Barat Cek Golongan Darah Pelajar SMAN 1 Sumber Jaya

Antisipasi Kebutuhan Transfusi Darah, PMI Lampung Barat Cek Golongan Darah Pelajar SMAN 1 Sumber Jaya

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka antisipasi kebutuhan transfusi darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat melakukan pengecekan golongan darah pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sumber Jaya di Aula SMAN 1 Sumber Jaya, Selasa 6 Februari 2024. 

Lia Ayu Azhari (17) dan Nadia Putri (17) dua pelajar SMAN 1 Kecamatan Sumber Jaya mengaku semangat mengikuti kegiatan pemeriksaan golongan darah gratis yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat

Nadia Putri mengatakan bahwa kini dirinya sudah mengetahui golongan darahnya. 

"Senang lah, sekarang sudah tahu nih golongan darah Nadia, ya jika ada keluarga atau teman yang membutuhkan darah, kan kita tidak perlu repot lagi mengecek golongan darah,” ungkap Nadia.

BACA JUGA:Kenalkan Produk Unggulan, TP-PKK Batu Ketulis Buka Bazar UMKM di Musrenbang

BACA JUGA:Caleg DPD RI Asal Lampung Barat Agung Imam Prasetyo Berharap No 2 Jadi Angka Hoki

Senada diungkapkan Lia Ayu Azhari, dirinya merasa senang dengan adanya pengecekan golongan darah tersebut. 

"Iya senang nih kita, kan kalau kita ada mau menolong mungkin ada teman ada saudara yang mengalami kecelakaan atau saat membutuhkan transfusi darah, jadi lebih cepat kita bantunya," kata Ayu. 

Lia Ayu Azhari dan Nadia Putri tercatat bersama 269 pelajar lainnya hari itu ikuti kegiatan pemeriksaan golongan darah yang diselenggarakan PMI Lampung Barat. 

Dilain pihak, Iksan salah satu anggota Korps Sukarelawan (KSR) PMI yang bertugas di kegiatan tersebut mengatakan bahwa tercatat ada 271 peserta ikuti kegiatan tersebut. 

BACA JUGA:Masyarakat Sampaikan Usulan Prioritas Pembangunan Gedung Olahraga di Musrenbang Batu Ketulis

BACA JUGA:Komisi IV DPRD OKUS Study Banding ke RSUD Alimuddin Umar Lampung Barat

"Hasil pemeriksaan golongan darah hari ini, untuk golongan darah A ada sebanyak 95 Siswa, golongan darah B ada 81 siswa, golongan darah O tercatat 76 siswa dan golongan darah AB ada 19 orang, jadi total 271 peserta," jelas Iksan.

Lebih lanjut Iksan mengatakan bahwa kegiatan hari ini pihaknya dibantu oleh Tenaga Kesehatan sebanyak 4 orang, dari PMI Kecamatan ada 3 orang, KSR 3 orang dan dari Siaga Bencana Berbasis Desa (Sibad) ada 1 orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: