Pemprov Lampung Gelar Bimtek Aplikasi Kartu Petani Berjaya Berbasis Elektronik

Pemprov Lampung Gelar Bimtek Aplikasi Kartu Petani Berjaya Berbasis Elektronik

--

BACA JUGA:Pemprov Lampung Bahas Optimalisasi Pengaduan Pemerintah

Peringkat Pertama Penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021, pada tanggal 17 Agustus 2022 mendapat penghargaan dari Menteri Pertanian Rl atas prestasi sebagai Pemerintah Daerah Provinsi Pendukung Pelaksanaan Program Asuransi Pertanian.

Dan pada tanggal 09 Agustus 2023 memperoleh penghargaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Award Tahun 2022 dari Menko Bidang Perekomian Republik Indonesia, sebaga Provinsi yang dinilai sukses mengimplementasikan KUR di sektor Pertanian sebagai strategi menuju lumbung pangan nasional.

e-KPB ini merupakan solusi baru dalamadministrasi dan pengelolaan data petani.

Dengan aplikasi ini, petani dapat mendaftar, mengakses informasi program pemerintah,melakukan pemesanan input pertanian, dan terhubung dengan layanan perbankansecara lebih efissen.

BACA JUGA:Arifin Abdul Majid akan Perkarakan Pencatutan Nama dan Logo APDESI Tanpa Hak

Ini semua bertujuanuntuk memberikan kemudahan akses dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Gubernur berpesan kepada para Mahasiswa Duta e-KPB Penerima Beasiswa Program e-KPB, bahwa mereka memiliki peran yang sangat penting dalam memperkenalkan aplikasi ini kepada masyarakat.

"Kalian adalah suara yang membawa pesan-pesan penting mengenai manfaat dan kegunaan aplikasi e-KPB. Melalui kerjakeras dan keahlian kalian, kami yakin pesan tersebut akan sampai kepada seluruh lapisanmasyarakat," pesannya.

Gubernur berharap agar mahasiswa dapat menjadi penghubung yang membantumengatasi kendala dan mengumpulkan umpan balik dari petani terkait penggunaan aplikasi ini.

BACA JUGA:Pastikan Tak Ada Pungli, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto Serahkan Sertifikat Secara Door to Door di Lampung

Pengalaman dan masukan dari para duta e-KPB menjadi hal yang berharga untuk terus meningkatkan dan mengembangkan aplikasi ini agar sesuai dengan kebutuhan dan harapan petani.

"Teruslah belajar dan tingkatkan pengetahuan anda tentang aplikasi ini, serta carilah kesempatan untuk berinterkasi dengan petani secara langsung," katanya.

"Jadilah sumber inspirasi bagi petani dan dorong mereka untuk mengadopsi teknologi ini demi berkelanjutan dan kemajuan pertanian kita," tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut Narasumber e-KPB Prof. Dr. Ir. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis, IPU, ASEAN. Eng. menyampaikan latar belakang diciptakannya e-KPB yaitu sebagai perwujudan nyata Visi Pembangunan ProvinsiLampung 2019-2024 "Rakyat Lampung Berjaya" yang di terjemahkan dalam misi kedua yaitu Good Governance untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan pelayanan publik dan misi kelima yaitu membangun kekuatan Ekonomima syarakat berbasis pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan perkotaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: