Peduli El Nino, Sudin Lakukan Bimtek SPTP dan Salurkan Alat Mesin Pertanian di Lambar

Peduli El Nino, Sudin Lakukan Bimtek SPTP dan Salurkan Alat Mesin Pertanian di Lambar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua Komisi lV DPR RI Sudin, S.E., melakukan kunjungan kepada masyarakat tani Kabupaten Lampung Barat dalam rangka Bimbingan Teknis (Bimtek) Standardisasi Perbenihan Tanaman Pertanian (SPTP) Senin (16 Oktober 2023).

Kehadiran Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung tersebut sekaligus meninjau dampak kekeringan fenomena el nino atau musim kemarau yang tengah melanda Indonesia.

Pihaknya melihat langsung usaha perkebunan dan pertanian masyarakat Kabupaten Lampung Barat dengan mendatangi Pekon Sidomulyo, Kecamatan Pagar Dewa, dan Pekon Bahway Kecamatan Balik Bukit dengan membawa Serta Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Rahman Jaya. 

Dalam kunjungannya di Kecamatan Pagar Dewa Sudin juga menyerap aspirasi masyarakat tani yang sekarang telah mengembangkan usaha selain petani kopi juga sayur mayur.

BACA JUGA:BPBD Pesisir Barat Imbau Nelayan Waspadai Kabut Saat Melaut

Yang mana petani menyampaikan permintaan selain bibit kopi unggul, juga bantuan bibit cabai, terong, dan bibit alpukat. 

Dimana permintaan tersebut langsung direspon dengan akan memberikan bantuan yang diharapkan termasuk bantuan 500 batang bibit alpukat untuk masyarakat Pekon Sidomulyo.

Dalam sambutannya Sudin menyampaikan agar bantuan yang disalurkan dapat dikelola dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Peran petani dalam kehidupan masyarakat Indonesia adalah penjaga NKRI karena merupakan lumbung pangan, ketika petani mengalami masalah maka lumbung pangan akan terganggu," terangnya. 

BACA JUGA:Total 70 Paket Kegiatan Lelang Melalui LPSE Pesisir Barat

Pada kesempatan itu Sudin memberikan bimtek dampak dari el nino yang menyebabkan kekeringan lahan, jika fenomena alam tersebut harus dihadapi dengan melakukan upaya nyata yakni dengan memaksimalkan kerja. 

Dalam kunjungannya di Pekon Bahway Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi Pertanian, Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Kelautan tersebut. Karena di wilayah itu dikenal sebagai pusat hortikultura. 

Sehingga pihaknya memastikan saat ini pasokan sayuran dari Bahway dan sekitaran masih aman, yakni petani masih dapat melakukan penanaman sayur-sayuran walau masih suasana el nino, bahkan hikmah dari fenomena alam harga jual sayuran membaik. 

Walaupun petani harus lebih kerja ekstra untuk melakukan penyiraman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: