BPBD Pesisir Barat Imbau Nelayan Waspadai Kabut Saat Melaut

BPBD Pesisir Barat Imbau Nelayan Waspadai Kabut Saat Melaut

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mengimbau nelayan di kabupaten setempat agar mewaspadai dampak kabut yang masih menyelimuti wilayah perairan Kabupaten Pesbar.

Kepala BPBD Pesbar, Mirza Sahri mengatakan, pihaknya telah memasang banner himbauan di sejumlah titik, sebagai media sosialisasi ke seluruh nelayan untuk waspada dampak dari kabut yang menyelimuti wilayah perairan kabupaten setempat.

“Hingga sekarang kabut masih sering menyelimuti wilayah perairan Kabupaten Pesbar terutama pada pagi hari, karena itu kita mengimbau agar nelayan tetap waspada, sehingga tidak mengalami kecelakaan laut,” kata dia.

Dijelaskannya, kabut yang menyelimuti perairan laut, menyebabkan jarang pandang nelayan terbatas, sehingga saat ombak besar datang, tidak diketahui dan dapat menyebabkan kecelakaan laut.

BACA JUGA:Banyak Formasi PPPK di Pesisir Barat yang Nihil Peminat

“Akibat jarak pandang nelayan akan terbatas, bisa menyebabkan kecelakaan laut,” jelasnya.

Menurutnya, dalam imbauan yang pihaknya sampaikan, nelayan diminta agar memastikan keadaan laut benar-benar aman untuk mencari ikan dan tidak membahayakan nelayan, dalam satu jukung minimal dua orang.

“Selain itu, nelayan juga harus melengkapi alat keselamatan minimal baju pelampung, hal itu bisa digunakan nelayan jika terjadi kecelakaan laut,” terangnya.

Dikatakannya, pihaknya mengimbau nelayan agar tetap waspada saat melaut, serta melengkapi jukung masing-masing dengan alat keselamatan yang bisa digunakan jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat berada di laut.

BACA JUGA:BOS Madrasah Semester II Tahun 2023 Cair

“Kami berharap kejadian yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir bisa menjadi pelajaran bagi para nelayan agar tetap berhati-hati saat berada di laut dan menggunakan alat keselamatan,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: