Layanan Penerbangan di Bandara Wiriadinata Tasikmalaya Kembali Dibuka

Layanan Penerbangan di Bandara Wiriadinata Tasikmalaya Kembali Dibuka

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Akan kembali di buka untuk penerbangan komersial di Bandara Wiriadinata, wilayah Kota Tasikmalaya provinsi Jawa Barat mulai dari 2 Oktober tahun 2023.

Pembukaan dimulai dari maskapai Citilink kini menyediakan pelayanan penerbangan untuk rute Bandara Wiriadinata Tasikmalaya menuju Halim Perdanakusuma Jakarta.

Dibukakanya kembali pelayanan penerbangan komersial di Bandara Wiriadinata dipastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya. Kepastian tersebut berdasarkan setelah adanya penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Citilink Indonesia dan CV Adirama Mitra Sehati.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Republika.co.id pada 27 September 2023 Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Aslim, menilai, kembali penerbangan komersial di Bandara Wiriadinata bisa memberikan dampak positif bagi para penumpang.

BACA JUGA:Saldo DANA Kaget 27 September 2023, Klik Linknya DISINI dan Klaim Hingga Rp 54 Ribu

Seperti halnya, lebih mempersingkat waktu perjalan dari Tasikmalaya menuju Jakarta, yang biasanya bisa mencapai tujuh hingga delapan jam perjalanan.

“Perjalan dengan waktu efektif. Dengan adanya penerbangan komersial, tentu waktu akan lebih singkat dalam melakukan perjalanan ke Jakarta atau sebaliknya. Itu juga akan berdampak ke daerah sekitar Tasikmalaya,”ungkapanya.

Pihaknya mengatakan, penerbangan komersial sempat dibuka di masa sebelum adanya pandemi Covid-19. Menurut dia, saat itu keberadaan layanan penerbangan komersial dapat membantu memudahkan mobilitas ke Kota Tasikmalaya. Namun, kondisi pandemi tersebut yang membuat operasional transportasi udara itu mati suri.

Namun, dengan dibukanya kembali layanan penerbangan komersial di Bandara Wiriadinata, pihaknya berharap akan memberikan dampak positif. Seperti turut mendorong perekonomian di Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA:Pesisir Barat Dipastikan Masih Bebas dari Kasus Rabies

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengatakan, di bukakanya kembali penerbangan komersial tersebut tentu akan membawa dampak positif. Pasalnya, keberadaan transportasi udara akan membuat mobilitas masyarakat makin cepat.

Dirinya menilai, penerbangan itu tak hanya membantu mobilitas warga tersebut, terlebih lagi kebanyakan warga setempat banyak yang bekerja di wilayah luar jawa.

“Jadi, mereka bisa memanfaatkan itu. Termasuk juga yang mau berwisata akan lebih cepat,” ujar Ivan kepada Republika, Rabu (20/9).

Dengan adanya kemudahan bertransportasi, dirinya melihat peluang kehadiran pengunjung atau wisatawan. “Apalagi di jadwal itu kan Senin dan Sabtu. Jadi, mungkin bisa lebih banyak yang hadir ke Tasikmalaya, khususnya untuk melihat produk UMKM. Jadi bisa lebih terdorong ke Kota Tasikmalaya karena lebih mudah,” kata Ivan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: