Cegah Mpox Jelang IAF, Pengawasan Bandara Internasional Diperketat

Cegah Mpox Jelang IAF, Pengawasan Bandara Internasional Diperketat

ILUSTRASI: Pengawasan ketat diterapkan pada bandara internasional di Indonesia untuk mencegah masuknya virus Cacar Monyet (Mpox) jelang pelaksanaan IAF 2024 -freepik.com@Lifestylememory-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Indonesia meningkatkan kewaspadaan terkait potensi penyebaran penyakit cacar monyet atau yang dikenal sebagai Mpox.

Pengawasan ketat diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, untuk mencegah masuknya penyakit tersebut ke dalam negeri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengungkapkan bahwa langkah ini merupakan hasil keputusan dari rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Dalam rapat tersebut, diputuskan untuk memperketat pengawasan terutama pada jalur perjalanan internasional. 

BACA JUGA:8 Cara Cepat Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

BACA JUGA:Buka 20.772 Formasi, Berikut Cara Daftar Seleksi CPNS 2024 di Kemenag

Sandi menyampaikan bahwa pemeriksaan suhu tubuh, pemeriksaan fisik, serta pengisian Electronic-Health Alert Card (e-HAC) akan kembali diterapkan. 

Sistem e-HAC ini pernah diberlakukan selama pandemi COVID-19 dan kini akan digunakan lagi untuk mendeteksi potensi kasus Mpox.

"Pengecekan suhu dan fisik di bandara sangat penting, mengingat Mpox dapat terdeteksi melalui suhu tubuh yang tinggi dan tanda-tanda fisik tertentu," jelas Sandi.

Pemerintah berupaya memastikan bahwa setiap orang yang masuk ke Indonesia diperiksa dengan cermat untuk menghindari penyebaran virus tersebut.

BACA JUGA:Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harga HP Tahan Banting Realme Note 60

BACA JUGA:Diprotes Warga Soal Ganti Rugi Lahan, Jokowi Tetap Resmikan Bendungan Margatiga

Selain itu, Indonesia juga tengah bersiap untuk menjadi tuan rumah Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2 yang akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 1-3 September 2024. 

Presiden Jokowi menegaskan bahwa meskipun belum ada larangan atau pembatasan perjalanan internasional, kewaspadaan harus tetap ditingkatkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: