Navigasi Penerbangan di Bandara Suekarno Hatta Tetap Aman Meski Listrik Sempat Padam Selama 2 Jam

Navigasi Penerbangan di Bandara Suekarno Hatta Tetap Aman Meski Listrik Sempat Padam Selama 2 Jam

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemadaman listrik berdurasi hampir 2 jam yang terjadi di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta tidak berdampak pada penerbangan. Proses navigasi pada penerbangan tetap berjalan dengan normal.

Hal tersebut disampaikan. Pihak perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Nasional (LPPNPI) atau biasa di sebut AirNav Indonesia menyebutkan, padamnya listrik terjadi hampir 2 jam di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, tidak berdampak pada penerbangan. Pelayanan navigasi penerbangan tetap berjalan dengan normal.

Plt Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Hermana Soegijantoro menyebutkan, Selaku operator pelayanan navigasi penerbangan pihaknya menyatakan tidak ada penerbangan yang terganggu, terkait dampak padamnya listrik yang terjadi pada Senin, 18 September 2023.

Menurutnya, pelayanan navigasi penerbangan tidak mengalami gangguan, lantaran pihaknya menggunakan sumber catu daya mandiri, yang berbeda dengan operasional bandara.

BACA JUGA:Tunggu Proses Sertifikat, Bandara Baru Mentawai Siap Beroperasi Tahun Ini

Sehingga pelayanan penerbangan dari yang pemberangkatan maupun yang ke Bandara Soekarno-Hatta dapat pun dapat dilayani tanpa kendala apapun.

Pihaknya menjelaskan, saat ini tengah melakukan koordinasi dengan PT Angkasa Pura II dan unit pelaksana koordinasi slot (UPKS), untuk update slot penerbangan, sehingga membantu kelancaran penjadwalan ulang penerbangan terdampak.

Ia menambahkan, untuk menghindari adanya jadwal penerbangan keberangkatan dan kedatangan yang bersamaan, telah disiapkan prosedur balancing capacity antara penggunaan runway utara Terminal 2 dan Terminal 3, runway selatan Terminal 1 melalui taxiway penghubung, dengan begitu keselamatan dan keteraturan terjaga.

Listrik yang terpasang di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, sempat padam lantaran Power Station 3 mengalami gangguan.

BACA JUGA:Giliran Bandara di Maluku Utara Terus Digenjot Pembangunannya

Sementara senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi menjelaskan, seluruh fasilitas di Terminal 3 area internasional dan domestik tak terdampak dari peristiwa gangguan tersebut.

Ia pun menerangkan Pasokan listrik mengalami gangguan hanya di Terminal 3 area internasional. Pasokan listrik dalam keadaan normal di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 area domestik.

Dirinya menuturkan, unit yang terkait pun, telah melakukan pemulihan pasokan listrik untuk ke Terminal 3 area internasional, dan kini pasokan listrik yang sempat padam tersebut, telah kembali normal sejak pukul 08.35 WIB.

"Tidak ada gangguan penerbangan yang signifikan. Di pastikan seluruh penerbangan akan berjalan dengan baik pada hari ini. Bandara Soekarno-Hatta tetap beroperasi selama 24 jam di setiap harinya," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: